Moge Terbakar Saat Touring, Pentingnya Inspeksi Sebelum Jalan Jauh

Kompas.com - 18/09/2021, 07:02 WIB
Tangkapan layar unggahan video sepeda motor terbakar, Kamis (16/9/2021) Akun Instagram @dashcamindonesiaTangkapan layar unggahan video sepeda motor terbakar, Kamis (16/9/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, ramai di media sosial mengenai video viral motor gede (moge) yang terbakar saat sedang touring. Motor tersebut terbakar saat sedang dikendarai.

Salah satu videonya diunggah juga oleh akun Instagram @kedaibigbike. Dalam video tersebut, disebutkan bahwa penyebab kebakaran kemungkinan berasal dari selang pembuangan bahan bakar terlalu menempel ke mesin atau selang bensin yang lepas.

Beruntung, motor yang diketahui adalah Ducati Multistrada tersebut tidak sampai terbakar habis. Pengendaranya pun juga selamat dari insiden tersebut.

Baca juga: Viral Video Moge Terbakar, Ini Kemungkinan Penyebabnya

"Infonya sih selang bensinnya sempat netes, terus dibenerin di bengkel pinggir jalan. Mungkin netes lagi, makanya sempet brebet di videonya, terus kena arus pendek," ujar Danny Sadikin, pemilik Danne Motor, bengkel spesialis moge, mengutip dari salah satu rekan yang ikut touring tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kedai Big Bike_Motor Sports ???????? (@kedaibigbike)

Danny mengatakan, biasanya jika selang bensin copot, performa motor akan drop atau bisa juga mesinnya mati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Maka itu, penting melakukan pengecekan sebelum jalan jauh. Cek seal dari selangnya, klemnya," kata Danny.

Baca juga: Moge Buatan Malaysia, Modenas Dominar D400 Harga Rp 48 Jutaan

Selain itu, penting juga untuk membawa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berukuran kecil atau sedang, yang penting cukup praktis untuk dibawa di motor.

APAR memang tidak akan mencegah terjadinya kebakaran. Tapi, dapat meminimalisasi kerusakan yang terjadi akibat kebakaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.