Kompas.com - 17/09/2021, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar di media sosial unggahan video yang memperlihatkan sebuah sepeda motor berkubikasi mesin besar alias moge mendadak terbakar di perjalanan.

Dari unggahan akun Instagram @dashcamindonesia, Kamis (16/9/2021), video yang direkam menggunakan action cam milik pengendara yang motornya terbakar memperlihatkan kronologi awal peristiwa tersebut.

Awalnya sepeda motor tersebut nampak mengalami masalah mesin. Saat si pengendara mencoba men-starter kembali motornya, api mendadak muncul dari bawah pengendara.

Baca juga: Kalahkan Marquez, Bos Ducati Beberkan Keunggulan Desmosedici GP21

Motor terbakar bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara motor mesti selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab sepeda motor terbakar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere menjelaskan kemungkinan motor terbakar disebabkan rembesan bensin pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari koil ke busi, tapi keluar mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” katanya menjelaskan.

Baca juga: Bertemu Pelat Nomor Dewa yang Minta Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ia turut menambahkan bahwa rembesan bensin bisa terjadi karena sejumlah hal, tidak hanya karena proses pengisian bahan bakar yang terlalu penuh hingga luber.

Sebab tangki bensin yang diisi penuh pun masih cukup aman karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang umumnya diarahkan ke tanah.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.