Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Luncurkan The New M5 Competition, Sedan Mewah Bertenaga Buas

Kompas.com - 17/09/2021, 16:10 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Indonesia baru saja meluncurkan BMW M5 Competition secara virtual pada, Jumat (17/10/2021).

Sport car terbaru dari BMW ini di klaim memiliki mesin paling kuat dalam sejarah model BMW M5 sejak pertama kali diperkenalkan 36 tahun yang lalu, dengan output hingga mencapai 625 Hp (Horse Power).

“Berbagai tantangan di tahun 2021 ini tidak mematahkan pertumbuhan BMW M di Indonesia, bahkan kami memiliki pencapaian yang sangat baik untuk sub-brand BMW yang mewakili kendaraan performa tinggi ini,” ujar Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia, dalam sesi virtual launch, Jumat (17/10/2021).

Baca juga: Lihat Perbedaan New Patriot Single Glass dan Double Glass Buatan Morodadi Prima

Jodie malanjutkan, hingga bulan Agustus, BMW meraih peningkatan penjualan hingga empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 di mana pandemi belum berlangsung. Hal ini sejalan dengan peluncuran model legendaris BMW M3 dan BMW M4 yang diperkenalkan pada bulan Juni lalu.

“Tidak hanya untuk memperkuat brand image kami sebagai penyedia kendaraan performa tinggi terbaik di Indonesia, BMW M5 juga sebagai sedan bisnis mewah empat pintu yang selalu menjadi tolak ukur di segmennya. Kami yakin sports car mewah ini akan terus mempertahankan posisi BMW M sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah performa tinggi di Indonesia,” ucap Jodie.

THE NEW BMW M5 COMPETITIONBMW Indonesia THE NEW BMW M5 COMPETITION
THE NEW BMW M5 COMPETITIONBMW Indonesia THE NEW BMW M5 COMPETITION

Spesifikasi The New M5

The New M5 diperkenalkan dalam varian tertinggi di Indonesia, yaitu BMW M5 Competition. Dengan mesin V8 transmisi M Steptronic 8-percepatan, sports car dari BMW ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 625hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 750Nm pada 1.800 rpm-5.860 rpm.

BMW M5 Competition membutuhkan 10,8 detik untuk mencapai 200 km per jam dari keadaan diam. Kecepatan tertinggi BMW M5 Competition terbaru adalah 250 km per jam.

THE NEW BMW M5 COMPETITIONBMW Indonesia THE NEW BMW M5 COMPETITION

Seperti pada jajaran BMW Seri 5 terbaru, M-specific kidney grille BMW yang diperbarui turun lebih jauh ke apron depan dan menjadi satu bagian desain yang membingkai kedua grill kanan dan kiri.

Apron depan memiliki kontur yang lebih berani dan berikan saluran masuk udara yang lebih besar di samping, sedangkan air-flow bagian tengah berbentuk heksagonal dan dilengkapi dengan pendingin oli dan sensor radar untuk sistem Active Cruise Control (ACC).

Garis lampu depan kini berbentuk L dan mengarah ke kidney grille BMW, menambah tampilan mobil ini menjadi lebih dinamis dinamis. Opsi lampu BMW Individual Shadowline menambahkan aksen warna gelap pada LED matrix Headlights dan BMW Laserlight membuatnya semakin sporty.

THE NEW BMW M5 COMPETITIONBMW Indonesia THE NEW BMW M5 COMPETITION

Bagian belakang BMW M5 Competition ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED tiga dimensi dengan grafis cahaya yang kuat, memberikan sajian segar pada bentuk BMW L yang sudah dikenal.

Sementara pada bagian velg, The New BMW M5 kini memiliki desain yang baru yaitu 20 inci M light alloy wheels Y-spoke style 789 M, forged wheel, Bicolour, Jet Black, burnished with mixed tyres.

Pada bagian kabin, mobil ini sudah dilengkapi dengan tampilan central console yang lebih besar yakni layar sebesar 12,3 inci. Hal ini semakin memudahkan pengemudi untuk mengawasi dengan jelas berbagai fungsi yang terkait dengan sistem dinamika berkendara dan penggerak BMW M xDrive.

THE NEW BMW M5 COMPETITIONBMW Indonesia THE NEW BMW M5 COMPETITION

Terdapat pula dua tombol M Moda, di mana pengemudi dapat beralih dengan cepat antara pengaturan Road dan Sport. Dalam pengaturan Road default, semua sistem bantuan pengemudi standar dan opsional diaktifkan sepenuhnya. Moda Sport juga mengalihkan kluster instrumen dan Head-Up Display ke moda BMW M-specific.

Di BMW M5 Competition terbaru, juga sudah terdapat moda Track. Moda ini dirancang khusus untuk digunakan di sirkuit balap dan menonaktifkan semua fungsi kenyamanan dan keselamatan sistem bantuan pengemudi.

Baca juga: Warna Baru Honda CT125 Lebih Menantang

The New BMW M5 Competition hadir dalam dua keliar baru yakni, Brands Hatch Grey dan Motegi Red metallic. Ada juga pilihan kelir standar seperti Alpine White, Black Saphire, Marina Bay Blue, Donington Grey Metallic, dan Bluestone Metallic.

Menyoal harga, mobil yang memiliki jumlah terbatas ini dibanderol Rp 4.789.000.000,- (off-the-road).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com