Tak Kalah Fitur, Kia Sonet Manual 7 Penumpang Patut Diperhitungkan

Kompas.com - 13/09/2021, 14:32 WIB
Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual KOMPAS.com/STANLY RAVELKia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain varian teratas, Kia juga menyajikan Sonet 7 penumpang dalam tipe menengah melalui versi Smart yang memiliki dua pilihan transmisi, yakni matik dan manual.

Nah, kali ini redaksi penasaran mengulik fitur sekaligus merasakan sensasi berkendara Sonet 7 seater tipe ekonomis dengan pilihan transmisi manualnya.

Seperti diketahui, melalui PT Kreta Indo Arhta (KIA), Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Sonet 7 penumpang. Model ini melengkapi versi 5 penumpang yang sudah lebih dulu hadir.

Melihat dari eksterior, memang perawakannya tak nampak berbeda dengan model tertinggi, apalagi dimensi masih sama dengan versi 5 penumpang, yakni panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm. Termasuk pelek, yakni 16 inci.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Ganti Warna Pelat Nomor Kendaraan

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Kabin dan Fitur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi di balik dimensi yang sama, Sonet 7 penumpang punya akomodasi penumpang lebih banyak lantaran ekstra dua jok di baris ketiga. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan ruang tambahan, maka jok baris kedua kini bisa dimaju-mundurkan.

Meski demikian, jangan berharap lebih bila kelapangan baris ketiganya cukup nyaman layaknya sebuah MPV atau SUV besar.

 

Pasalnya dengan dimensi tinggi badan orang dewasa antara 168 sampai 172 cm, ternyata ruang kaki dan kepala sangat sesak, hal ini akan memberikan efek lelah bila terlalu lama dalam perjalanan.

Terkecuali ruang baris ketiga diperuntukan membawa anak kecil, atau dilipat dijadikan ruang bagasi yang lebih lapang yang lebih berguna membawa barang-barang saat berpergian jauh.

Baca juga: Peugeot 3008 dan 5008 Bersolek, Siap Masuk Indonesia

Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart ManualKOMPAS.com/STANLY RAVEL Kia Sonet 7-Seater Tipe Smart Manual

Sementara ruang baris pertama dan kedua, dari segi kenyamanan tak ada yang berbeda dengan versi lima penumpang. Ruang kaki dan kepala masih dalam kategori nyaman, namun material jok tidak semewah versi tertinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.