Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Luas Akomodasi Kia Sonet 7-Seater?

Kompas.com - 08/06/2021, 18:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) telah resmi menambah line up atas produk dagang mereka lewat varian terbaru, yakni Sonet dengan kapasitas tujuh penumpang alias Sonet 7-Seater.

Dibandingkan model yang lebih dahulu dirilis yaitu berkonfigurasi 5 penumpang, ada beberapa penyesuaian seiring konsekuensi dari hadirnya baris ketiga.

Terkhusus untuk akomodasi atau kelapangan kabin. Untuk diketahui, dimensi Kia Sonet 7-Seater tak berubah, panjang 4.120 mm, Lebar 1.790 mm, dan tinggi 1615 mm.

Baca juga: Menilik Penyesuaian Desain Kia Sonet 7 Penumpang

Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya Review Kia Sonet 7 Seater. SUV kompak dengan tujuh tempat duduk, pilihan menarik di kelasnya

Pertama, mari kita bahas terkait ruang bagasi pada mobil ini. Sonet sejatinya menghadirkan ruang bagasi yang cukup mumpuni untuk kebutuhan harian, yaitu 392 liter.

Tapi di varian ini, ruang bagasi menjadi sangat kecil karena terdapat kursi penumpang tambahan. Bila dipaksakan, mungkin hanya tiga ransel kecil yang bisa masuk di sela-selanya.

Konsekuensi perubahan pada bagasi ini juga membuat tempat ban serep mobil berpindah ke kolong mobil. Jadi jika ingin menggunakan ban serep sedikit lebih rumit.

Tapi bila kursi baris ketiga tidak ingin digunakan, bisa dilipat dan Anda akan mendapat ruang bagasi sebagaimana Kia Sonet 5-Seater.

Kemudian untuk kursi penumpang baris ketiga sendiri, seperti yang tim Kompas.com rasakan, memang bukan terbaik di kelasnya. Ruang kaki dan kepala sangat terbatas serta rapat, tidak cocok untuk penumpang dewasa tinggi 170 cm dan berat 55 kg.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India, Bagaimana Nasib Impor Suzuki dan Kia

Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Gilang Kia Sonet 7-Seater

Meski begitu, kursi sudah disematkan sabuk pengaman dan tiga cup holder untuk menaruh minuman. Sehingga dalam perjalanan cukup jauh, tidak repot untuk menaruh barang-barang kecil dan minum.

Kemudian untuk kursi baris kedua, kini tak ada lagi hiburan berupa sun roof karena sudah digantikan oleh air flow yang berfungsi untuk menyalurkan hembusan angin sampai penumpang paling belakang.

Air flow ini tidak ada blower AC-nya, jadi suhu yang berhembus mengikuti kursi bagian pertama saja. Meski demikian jangan khawatir, di panel tengah masih ada dua kisi-kisi AC tambahan yang bisa diatur arahnya.

Air Flow pada Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Air Flow pada Kia Sonet 7-Seater

Akomodasi di baris kedua sendiri tidak berbeda jauh dibandingkan Sonet lima penumpang. Tetap lega dengan pengaturan kursi yang cukup luas keterjangkauannya.

Tapi busa pada kursi penumpang tampak lebih tipis supaya dapat memberikan ruang kaki yang sedikit lebih lapang pada baris ketiga.

Pada kursi utama atau baris pertama, tidak ada perbedaan. Rasa premium, gagah, dan nyaman masih hadir secara nyata dengan banyaknya kompartemen untuk menaruh barang-barang kecil.

Baca juga: 7 Cara Anti Blind Spot Buat Pengendara Motor

Kapasitas bagasi Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Ruly Kapasitas bagasi Kia Sonet 7-Seater

Lantas bagaimana bila berpergian jarak jauh dengan Kia Sonet 7-penumpang? Selama pengujian oleh tim Kompas.com, tidak ada keluhan yang sangat mengganggu.

Hanya saja bila berbicara akomodasi barang, memang lebih sempit dan harus putar otak (kondisi diisi 7-penumpang). Namun ketika tak diisi penumpang penuh, ruang penempatan barang sangat mumpuni.

Jadi, dua kursi tambahan di bagian belakang merupakan opsi yang mengorbankan pilihan lainnya. Yakni, ingin membawa penumpang banyak atau barang bawaan banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com