Alasan Mengapa Marquez Jadi Pebalap Paling Sering Terjatuh Musim Ini

Kompas.com - 13/09/2021, 13:30 WIB
Rider Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan lowside di Tikungan 9 Sirkuit Assen pada sesi kualifikasi 1 (Q1) MotoGP Belanda 2021, Sabtu (26/6/2021) malam WIB. MOTOGPRider Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan lowside di Tikungan 9 Sirkuit Assen pada sesi kualifikasi 1 (Q1) MotoGP Belanda 2021, Sabtu (26/6/2021) malam WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez kembali balapan musim ini, meskipun sebenarnya masih dalam proses penyembuhan tulang lengannya yang patah musim lalu. Tapi, ada yang berbeda dengan Marquez musim ini.

Marquez tercatat sebagai pebalap yang paling banyak terjatuh dibanding pebalap lain musim ini. Enam kali juara dunia MotoGP tersebut sudah terjatuh 18 kali.

Baca juga: Kemenangan Perdana Bagnaia di MotoGP, Harus Kalahkan Marquez

Kejadian terakhir pada MotoGP Aragon, ketika sesi latihan bebas FP3. Tepatnya pada tikungan ke-14, yakni tikungan ke kanan.

Marc Marquez mengalami highside saat sesi latihan bebas FP2 pada MotoGP Belanda 2021Dok. MotoGP Marc Marquez mengalami highside saat sesi latihan bebas FP2 pada MotoGP Belanda 2021

Marquez mengakui bahwa dia mampu menyelamatkan dengan sempurna momen saat akan terjatuh, tapi sengaja dia biarkan. Padahal, bisa saja dia selamatkan jika kondisinya prima.

Perlu diketahui, sejak kembali balapan lagi, kondisi bahu kanan Marquez belum kembali sehat sepenuhnya. Dia pun perlu beradaptasi bagaimana mengendarai motornya sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2021, Bagnaia Asapi Marquez, Rossi Posisi Kedua dari Belakang

Akhirnya, dia tidak mampu lagi menyelamatkan sebagian besar momen saat dirinya akan terjatuh karena ban depan kehilangan grip. Sementara, Marquez cukup terkenal akan hal tersebut selama beberapa tahun belakangan ini.

Marc Marquez terjatuh saat memimpin MotoGP Perancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB.MOTOGP Marc Marquez terjatuh saat memimpin MotoGP Perancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB.

"Ini adalah situasi yang ekstrem yang tidak pernah saya alami sebelumnya dan saya berharap tidak terjadi pada siapa pun," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Senin (13/9/2021).

Marquez menambahkan, memang benar sudah banyak terjatuh, walaupun setengah dari kejadian tersebut bisa saja diselamatkan jika itu terjadi dua tahun lalu.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan besar pada sesi FP3 MotoGP Spanyol di Srikuit Jerez, Sabtu (1/5/2021) sore WIB.MOTOGP Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan besar pada sesi FP3 MotoGP Spanyol di Srikuit Jerez, Sabtu (1/5/2021) sore WIB.

"Tapi kata menyelamatkan tidak ada dalam kamus saya sekarang ini. Pagi ini (di FP3), saya terjatuh dan bisa saja saya selamatkan dengan sempurna," kata Marquez.

"Hal termudah adalah dengan mengurangi kecepatan, melaju lebih lambat, tapi itu bukan gaya saya. Jika saya tidak bisa terjatuh, saya tidak akan ke trek," ujarnya.

Dengan bahu kanannya yang masih belum sembuh sempurna, maka Marquez pun tidak akan mampu menahan motor yang akan jatuh saat menikung ke kanan. Maka itu, sekarang dia lebih banyak membiarkan dirinya terjatuh.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.