Makin Tertib, Pelanggar Ganjil Genap di Jalan Rasuna Said Menurun

Kompas.com - 06/09/2021, 14:01 WIB
Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOLalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak berlaku pada 26 Agustus 2021, jumlah pelanggar ganjil genap di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, terus mengalami penurunan.

Kasie Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sriyanto, mengatakan, pada awal penerapan ada puluhan kendaraan yang diputar balik karena melanggar ganjil genap.

“Jadi dari mulai diterapkan di sini yang ditegur atau diputarbalikkan makin hari makin menurun,” ujar Sriyanto, dilansir dari NTMC Polri (6/9/2021).

Baca juga: Ketika Kijang Innova Mundur di Tanjakan Curam

Aktivitas pekerja LRT di lintas 2 Cawang-Kuningan Dukuh Atas di Jalan Rasuna Said - Setiabudhi, Jakarta, Senin (17/6/2019). PT Adhi Karya (Persero) Tbk memastikan, pengerjaan LRT Jabodebek akan rampung dan beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang. Saat ini, progress pembangunan secara keseluruhan sudah mencapai 83,5 persen.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Aktivitas pekerja LRT di lintas 2 Cawang-Kuningan Dukuh Atas di Jalan Rasuna Said - Setiabudhi, Jakarta, Senin (17/6/2019). PT Adhi Karya (Persero) Tbk memastikan, pengerjaan LRT Jabodebek akan rampung dan beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang. Saat ini, progress pembangunan secara keseluruhan sudah mencapai 83,5 persen.

“Hari pertama itu ada 20 pelanggaran, lalu kemudian menurun 13, dan Kamis pekan lalu itu ada satu aja,” kata dia.

Menurut Sriyanto, para pelanggar biasanya merupakan pengemudi mobil dari luar Jakarta. Dia menilai warga DKI sudah paham soal titik ganjil genap.

Dia menambahkan, warga yang diminta putar balik tidak pernah melawan. Dia menyebut warga paham soal pembatasan mobilitas dengan ganjil genap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Petugas memberhentikan pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap di Jalan Sudirman, Jumat (13/8/2021). ANTARA/Sihol Hasugian Petugas memberhentikan pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap di Jalan Sudirman, Jumat (13/8/2021).

“Mereka kooperatif. Kita dari jauh udah tunjuk (mobilnya) saja sudah merasa dia,” kata Sriyanto.

“Pelanggaran di agak siang karena orang-orang jauh dari Jakarta pada banyak keluar. Tapi kalau pagi pengendara yang esensial dan kritikal sudah tahu ya,” ujarnya.

Seperti diketahui, seiring dengan menurunnya aturan PPKM dari Level 4 ke Level 3, Polda Metro Jaya telah mengurangi ruas jalan yang menerapkan ganjil genap dari delapan kawasan menjadi tiga kawasan.

Tiga kawasan yang masih menerapkan ganjil genap, yakni Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan HR Rasuna Said, tepatnya mulai simpang Mampang – Gatot Subroto sampai simpang Imam Bonjol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.