Ingat, Jangan Netralkan Gigi Motor Saat Lewati Turunan

Kompas.com - 06/09/2021, 13:41 WIB
Perjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPerjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pengendara sepeda motor menetralkan gigi saat melewati turunan. Padahal itu merupakan tindakan yang salah dan berisiko membuat kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, menetralkan gigi saat turunan membuat motor sulit dikendalikan karena motor akan nyelonong.

Baca juga: Ingat Motor Tak Pakai Spion Bisa Ditilang Rp 250.000

"Jika pada saat kondisi jalan menurun lalu kita menetralkan posisi gigi pada motor maka motor akan cenderung loss atau nyelonong dan rawan tergelincir apabila pengendara tidak sigap dalam mengoperasikan pengereman pada motor tersebut," katanya kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Apalagi jika jalan menurun tersebut cukup curam atau panjang. Agus mengatakan hal itu akan membuat potensi motor makin sulit dikendalikan.

Rambu yang umum ditemui di jalanan menurunFatchur Sag / Mobilmo Rambu yang umum ditemui di jalanan menurun

Maka kata Agus, sebaiknya jika berjalan di jalanan menurun gunakanlah gigi 1 atau gigi rendah agar motor dapat tertahan oleh mesin sehingga motor tidak nyelonong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Jadinya Jika BMW Bikin Skutik Petualang C 400 GS

"Lalu dibantu dengan rem belakang dan sedikit rem depan agar lebih aman, dengan menggunakan gigi netral," katanya.

Agus mengatakan, jika tujuan untuk mengirit bensin atau bahan bakar juga tidak tepat. Sebab tidak semua kontur jalan menurun pasti ada tanjakan atau jalan landai.

"Jumlah pemakaian BBM juga tidak terlalu banyak berpengaruh apalagi jalan yang dilalui tidak semuanya dalam kondisi menurun," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.