Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2021, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan berbagai perusahaan otobus (PO) dalam menawarkan jasa transportasi antarkota antarprovinsi (AKAP) makin ketat. Inovasi pelayanan pun banyak dikeluarkan. PO Bejeu salah satunya.

PO Bejeu, yang merupakan akronim dari Bongkotan Jati Utama, meluncurkan dua bus bersasis Scania K360iB pada akhir 2020. Bodi yang dipasang pada bus ini merupakan Legacy SR2 XHD Prime S-Series hasil rakitan karoseri Laksana asal Ungaran.

Hal menarik yang jadi pembeda bus ini dari bus-bus dari PO lainnya adalah konsep kabin penumpangnya yang diberi nama Privilege Cabin.

Baca juga: Ini Biaya dan Syarat Perpanjangan SIM A di Jawa Timur per September 2021

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan bagian yang spesial dari bus ini, yakni pada konfigurasi tempat duduk penumpang yang bervariasi. Sebagian menggunakan susunan 1-1-1 alias social distancing, lantas sisanya disusun dengan tatanan 2-2.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PO. Bejeu (@po.bejeu)

“Seat bagian depan 1-1-1 sebanyak 9 bangku. Sisanya susunan 2-2 dengan total 29 seat,” ucap Werry menjelaskan.

Menilik suasana dalam kabinnya, terlihat semua kursi penumpang dilapisi dengan material kulit sintetis berwarna merah dengan sedikit aksen warna hitam. Kursi ini telah dilengkapi leg rest alias sandaran kaki baik pada kursi di susunan 1-1-1 maupun kursi 2-2.

Fasilitas toilet diletakkan di tengah bus. Ini yang menyebabkan pintu belakang bus Privilege Cabin dipasang pada tengah bodi bus.

Baca juga: Kabar Terkini Calon Avanza Baru, Meluncur Akhir Tahun dan Pakai FWD

Untuk sisi eksteriornya, bus milik PO yang bermarkas di Jepara ini memang memiliki ciri khas warna bodi hitam yang dilengkapi tambahan gravis kombinasi warna merah, kuning, dan oranye.

Bus Privilege Cabin ini melayani trayek Merak - Jakarta - Purwodadi - Cepu. Dilansir dari grup Facebook Bejeu (Black Bus Community), tarif yang dipatok untuk bisa menaiki bus ini adalah Rp 220.000 - Rp 250.000.

Untuk informasi lebih detail mengenai Bus Privilege Cabin ini, dapat menghubungi agen resmi penjualan tiket PO Bejeu di Bitung pada nomor telepon 0812-8077-2116.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.