Kompas.com - 03/09/2021, 18:06 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin udara atau air conditioner (AC) pada mobil merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang kenyamanan, mengingat cuaca di Indonesia cenderung hangat. Namun dalam suatu kondisi, fasilitas tersebut bisa tidak berfungsi optimal.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyatakan, hal ini dikarenakan beberapa faktor. Bisa karena usia pakainya yang sudah habis, jarang diservis, atau terdapat kerusakan pada beberapa bagian.

"Biasanya pada blower AC yang merupakan penting untuk menghembuskan udara dari evaporator ke kabin, sehingga mobil terasa lebih sejuk. Ini bagian penting pada AC," kata dia dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Masih Banyak Pengemudi Alay, Pasang Lampu Sorot Jadi Lampu Rem

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Lebih rinci, kerusakan yang sering terjadi ialah pada sekring blower. Untuk diketahui, AC mobil menyala karena energi listrik yang dialirkan oleh aki dan dinamo.

Apabila sekring rusak, berarti ada kabel yang terputus sehingga listrik tidak bisa mengalir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sama seperti fungsi sekring pada rumah, sekring pada AC mobil berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Jadi, sekring blower yang putus menandakan adanya korsleting saat menyalakan AC," kata Imansyah.

"Kalau masalah ini terjadi, lebih baik mobil dibawa ke bengkel agar diperbaiki. Lagipula, perbaikan yang dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli meminimalisir risiko yang terjadi, seperti kerusakan yang semakin parah," lanjutnya.

Penyebab lainnya ialah ada kerusakan pada relay blower. Bagian ini berfungsi untuk memisahkan penggunaan arus listrik yang menggunakan daya besar dengan yang berdaya kecil. Arus listrik ini mengalir dari mesin blower ke saklar AC.

Baca juga: Hindari Kerusakan Mesin Mobil, Kuncinya Ada di Oli

Auto2000Auto2000 Auto2000

Relay ini dipasang agar blower tidak mengalami overworked, bahkan rusak karena harus menyalurkan arus listrik yang jumlahnya besar. Bila rusak, arus listrik pun tidak bisa mengalir dari aki ke mesin blower, sehingga blower pun mati dan tidak bisa dioperasikan.

"Kerusakan pada resistor blower juga bisa saja jadi penyebab lain. Bila ini putus, tidak ada arus listrik yang mengalir ke blower, sehingga AC pun tidak bisa menyala," ujar Imansyah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.