Kabar Terkini Calon Avanza Baru, Meluncur Akhir Tahun dan Pakai FWD

Kompas.com - Diperbarui 04/09/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi gambar render calon Avanza model baru. Instagram @bagasatriakbarIlustrasi gambar render calon Avanza model baru.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran Toyota Avanza baru tampaknya mulai mendekati kenyataan. Rumors ini menguat setelah muncul gambar render yang viral di internet beberapa waktu lalu.

Kabar terbaru, Avanza sudah siap dipasarkan dan rencananya bakal hadir akhir tahun ini. Jika benar demikian, pantas saja Avanza Veloz GR Limited yang meluncur Juli lalu dijual terbatas hanya 3.700 unit.

Kabar non-resmi menyatakan kalau generasi mobil terlaris Toyota ini bakal meluncur akhir 2021. Sebagai mobil dengan penjualan jutaan unit, Avanza generasi baru juga disiapkan jadi model jangka panjang dengan beragam perkembangan teknologi ke depannya.

“Rencananya nanti kalau (Veloz GR) habis langsung ganti model. Semuanya baru, meluncur akhir tahun mungkin November atau Desember,” ujar salah satu pramuniaga Toyota di Jakarta Utara, kepada Kompas.com (2/9/2021).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM 25 Persen Berlaku

Konsep Daihatsu DN MultisixFebri Ardani/Otomania.com Konsep Daihatsu DN Multisix

Sementara itu, generasi baru Avanza kabarnya akan mengusung platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perubahan sasis ini turut mengubah dapur pacunya. Namun urusan mesin sebetulnya tidak sepenuhnya baru. Tapi menggunakan unit yang sudah dipakai mobil Toyota dan Daihatsu.

Dilansir Wapcar, Avanza atau Veloz terbaru akan mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc berkode 2NR-VE seperti yang digunakan pada Yaris dan Vios. Mesin ini juga dikawinkan dengan transmisi CVT atau manual 5-percepatan.

Baca juga: Setelah Xpander, Giliran Fortuner Mundur di Tanjakan Sitinjau Lauik

Daihatsu DN Multisix.Febri Ardani/Otomania.com Daihatsu DN Multisix.

Selain itu mesin 1.300 cc juga akan tersedia, tepatnya unit 1NR-VE seperti yang digunakan pada Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion di Indonesia.

Bicara soal fitur, Avanza baru bakal disematkan berbagai teknologi canggih. Salah satunya, seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control.

Artinya, Avanza-Xenia baru bakal mengikuti jejak Raize-Rocky yang sudah memiliki fitur keselamatan aktif, yakni Toyota Safety Sense (TSS) atau Advance Safety Assist (ASA).

Baca juga: Viral, Video Angkot Halangi Laju Ambulans

Ilustrasi Perodua AlzaPAULTAN.org Ilustrasi Perodua Alza

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.