Viral, Video Mobil Parkir Paralel di Area Terbatas, Pahami Triknya

Kompas.com - 30/08/2021, 10:52 WIB
Tangkapan layar video viral parkir mobil di atas penutup selokan yang sempit Akun tiktok @massugeng8Tangkapan layar video viral parkir mobil di atas penutup selokan yang sempit

SOLO, KOMPAS.com - Saat hendak menuju ke suatu tempat, lahan parkir yang minim sering jadi persoalan utama bagi seorang pengemudi mobil.

Terbatasnya area parkir bisa disebabkan karena beragam hal, seperti lokasi yang ramai pengunjung, atau memang daerah tersebut memiliki kepadatan bangunan yang tinggi sehingga tidak ada lahan lapang untuk lokasi parkir mobil.

Kemampuan seorang pengemudi untuk memarkirkan mobilnya dengan aman diuji dalam situasi semacam ini. Parkir dengan posisi paralel di area yang sempit jadi salah satu alternatif solusinya.

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2021 - Quartararo Juara, Marquez Jatuh, Rossi Melorot

Seperti video viral yang diunggah oleh akun Tiktok @massugeng8. Dalam video tersebut, pengemudi bisa mengeluarkan mobil SUV-nya yang terparkir di atas penutup selokan bermaterial beton dengan luas penampang yang minim.

@masssugeng8

##parkirmobil ##parkir ##parkirchallenge

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

? The Final Countdown (Originally Performed by Europe) [Instrumental Version] - Hit The Button Karaoke

Pada video terpisah yang diunggah oleh akun Tiktok yang sama, diperlihatkan cara si pengemudi parkir di lokasi tersebut dengan memundurkan mobilnya. Terlihat pengemudi memainkan haluan mobil secara perlahan agar mobil tidak terperosok ke selokan.

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan turut memberikan tips memarkirkan mobil secara paralel dengan aman.

"Langkah pertama buat bumper belakang sejajar dengan kaca spion mobil kendaraan yang di sebelah,” ujar Marcell.

Baca juga: Lelang Toyota Land Cruiser Hardtop, Limit Rp 44 Juta

“Kemudian, langkah selanjutnya adalah bodi mobil sebelah kanan dibuat sejajar dengan mobil yang ada di pojok kiri belakang,” ucapnya.

Setelah itu, cek keadaan sekitar baik sisi kiri dan sisi kanan sebelum mundur melalui kaca spion.

“Terakhir, balas kemudi ke kanan saat pilar A sudah sejajar dengan ujung kanan kendaraan,” kata Marcell.

Namun perlu diingat, sebelum melakukan trik parkir paralel di area yang minim seperti di video tersebut, pastikan ada jarak yang tersisa untuk mobil bergerak maju dan mundur agar bisa keluar tanpa berisiko tercebur ke dalam selokan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.