Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Injak Pedal, Mobil Nyaris Terjun Bebas dari Gedung Parkir

Kompas.com - 24/08/2021, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pengemudi salah injak pedal gas saat parkir kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang pengemudi wanita di Bangkok, Thailand.

Kejadian tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @pramonopurba. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan detik-detik pengemudi wanita yang hendak parkir di lantai empat sebuah gedung pertokoan.

Namun ketika ingin melakukan parkir mundur, pengemudi wanita tersebut tidak sengaja menginjak pedal gas hingga menyebabkan bagian belakang mobil menabrak tembok parkir.

Bahkan mobil Toyota C-HR berwarna putih yang digunakannya nyaris terjun bebas dari gedung parkir tersebut.

Baca juga: Bahas Desain Skutik Unik dan Eksentrik Yamaha Qbix

Beruntung, mobil tersebut tertahan oleh sebuah beton dan pengemudi wanita itu bisa diselamatkan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, salah injak pedal ketika parkir menjadi kesalahan yang banyak dilakukan pengemudi mobil matik.

@pramonopurba

#safetycar #caution #cctv#cina #waspada #masukberanda #fyp?

? original sound - Putri Zakia

“Masalahnya para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur,” ucap Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan salah injak pedal, pastikan ketika sedang parkir, posisikan kaki di pedal rem. Kalau memang harus menginjak gas, lakukan dengan halus dan perlahan.

Selain salah injak pedal gas, yang harus diperhatikan saat parkir adalah ruangannya harus clear. Jadi sebelum memarkirkan mobil, pastikan tidak ada halangan di tempat parkir yang akan dituju.

Baca juga: PPKM Level 3, Ini Aturan Perjalanan Darat Sesuai Inmendagri

Kemudian ketika parkir mundur, gunakan teknologi yang sudah ada pada mobil. Misalnya seperti sensor parkir dan kamera mundur. Jangan hanya mengandalkan spion yang tentunya tetap memiliki blind spot.

“Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja tidak terlihat dari spion tengah kendaraan jika menggunakan sedan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com