Kompas.com - 11/08/2021, 17:21 WIB
Jamur kaca mobil Foto: PeugeotJamur kaca mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca depan mobil yang terlihat buram membuat mengemudi jadi kurang nyaman. Kaca buram tersebut biasanya karena banyak noda yang sulit dibersihkan.

Roni Agung, dari Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter, mengatakan, noda ataupun kotoran pada kaca pada umumnya mudah dibersihkan. Jika sulit artinya banyak jamur.

Baca juga: Sukses di GP Styria, Pedrosa Bakal Balapan Lagi?

“Tapi kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berkali-kali dicuci. Dapat dipastikan kalau kaca mobil sudah banyak dihinggapi jamur pada permukaan luarnya," kata Roni dalam rilis resmi, Rabu (11/8/2021).

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

"Sehingga perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Roni mengatakan, munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air dan tidak dikeringkan kemudian langsung terpapar terik matahari.

Kadang hujan dan terik mempercepat proses jamuran. Titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air. Selain itu proses pengeringan mobil tidak sempurna bisa juga menghadirkan jamur.

Baca juga: Catat Lokasi Ganjil Genap dan Pembatasan Mobilitas di Ibu Kota

Air yang tidak cepat dikeringkan dapat membuat water spot pada kaca dan bodi mobil.Foto:Peugeot Air yang tidak cepat dikeringkan dapat membuat water spot pada kaca dan bodi mobil.

"Makanya biasakan cuci mobil dalam kondisi apapun, terutama area kaca mobil guna hindari noda. Gunakan sabun khusus dan langsung di lap kain bersih. Hindari matahari lansung terlalu sering agar noda bekas cucian tidak berbuah jamur," kata Roni.

Namun jika benar kaca mobil sudah terlihat ada banyak jamur, untuk menghilangkannya pun tidak boleh dilakukan sembarang. Meskipun di pasaran banyak yang memasarkan cairan khusus pengusir jamur kaca.

"Apalagi tiap produsen mobil memiliki spesifikasi material kaca berbeda- beda. Jika salah penanganan bisa berdampak pula pada kaca mobil itu sendiri,” kata Roni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.