Terminal Kesamben Blitar Tutup 14 Hari, Bus Naikkan Penumpang di Pinggir Jalan

Kompas.com - 06/08/2021, 16:12 WIB
Terminal Kesamben di Kabupaten Blitar tutup selama dua pekan menyusul terjadinya penularan Covid-19 di antara petugasnya, Kamis (5/8/2021) Dok. Kecamatan KesambenTerminal Kesamben di Kabupaten Blitar tutup selama dua pekan menyusul terjadinya penularan Covid-19 di antara petugasnya, Kamis (5/8/2021)

BLITAR, KOMPAS.com - Terminal Kesamben di Kabupaten Blitar terpaksa ditutup sementara selama 14 hari. Penutupan terhitung mulai Kamis (5/8/2021) hingga 18 Agustus 2021.

Penutupan sementara ini dilakukan sebab kepala terminal tersebut meninggal usai tertular Covid-19. Usai diketahui bahwa kepala terminal terinfeksi virus Covid-19, tracing ke seluruh personel yang bertugas pun dilakukan.

Hasilnya ditemukan terdapat 6 petugas terminal yang turut terkonfirmasi positif tertular. Informasi ini dibenarkan oleh Setiyono selaku Camat Kesamben, Kabupaten Blitar, dilansir dari Kompas.com, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Resmi, Valentino Rossi Umumkan Pensiun

Otomatis sebagai tindakan pencegahan agar penularan virus tidak meluas, Kepala Dinas LLAJ Provinsi Jawa Timur menginstruksikan penutupan sementara Terminal Kesamben.

Gatot Susanto, Kepala Satgas Terminal Kesamben, membenarkan mengenai instruksi penutupan yang langsung turun dari pemerintah provinsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyemprotan disinfektan di Terminal Kesamben, Kabupaten BlitarAkina Nur Alana/bangsaonline.com Penyemprotan disinfektan di Terminal Kesamben, Kabupaten Blitar

"Karena kasus Covid-19 sedang melonjak dan petugas terminal sangat berisiko tertular (dan menularkan) karena tugasnya," ungkap Gatot.

Terminal Kesamben sendiri merupakan terminal bus yang berlokasi di Jalan Raya Nasional penghubung utama Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Malang. Sebagai pintu masuk Kabupaten Blitar di sisi timur, Terminal Kesamben jadi titik krusial penjagaan mobilitas masyarakat antar daerah.

Baca juga: Biaya dan Prosedur Lengkap Perpanjang STNK 5 Tahunan

Akibat penutupan sementara ini, aktivitas menaikturunkan penumpang bus terpaksa dilakukan di pinggir Jalan Raya Nasional.

Secara hukum, sebetulnya kegiatan menaikturunkan penumpang angkutan umum di pinggir jalan menyalahi aturan. Tepatnya pada Pasal 126 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2015 tentang Standar Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Meski begitu, keputusan ini dinilai sebagai langkah darurat sementara hingga Terminal Kesamben dinilai sudah steril dan aman untuk beroperasi kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.