Ini Sejarah Valentino Rossi Pakai Nomor 46

Kompas.com - 06/08/2021, 13:22 WIB
Valentino Rossi. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) KARIM JAAFARValentino Rossi. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Kawakan Valentino Rossi akhirnya memutuskan untuk gantung helm.

Selama hampir genap 26 musim dilalui, ia mengumukan untuk pensiun dari ajang MotoGP musim depan lewat konferensi pers jelang GP Styria, Austria, Kamis (5/8/2021).

Sejak memulai debutnya di kelas 125 cc pada 1996, nomor balap 46 sejatinya selalu melekat dengan Valentino Rossi.

Baca juga: 10 Fakta Valentino Rossi, Pernah Pukul Biaggi dan Sebut Lorenzo Musuh dalam Selimut

Meski pria berkebangsaan Italia ini beberapa kali berganti seragam tim, namun ia tetap mempertahankan ciri khasnya dengan nomor 46 yang terpasang di bagian depan motor balapnya.

Bahkan, saat mendapat juara dunia kelas MotoGP pada tujuh kesempatan, Rossi tidak ingin melepas nomor 46 dan menggantinya dengan nomor 1 yang menjadi haknya saat menjadi juara dunia.

Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-takYOAV LEMMER Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

Mengutip dari buku “Rossi Sang Legenda” buatan Michel Turco, ternyata nomor 46 itu yang dipakai ayahnya ketika memenangkan Grand Prix pertama pada 1979.

Pebalap yang mendapat julukan The Doctor itu pertama mengenakan nomor 46 ketika mengikuti balapan pocket bike pada tahun 1991 di Italia.

Ayah Rossi, Graziano Rossi merupakan anak dari seorang pengrajin mebel. Dia lahir di Pesaro 14 Maret 1954. Kota itu dikenal banyak melahirkan pebelap motor kelas dunia, sekaligus tempat pabrik Benelli berdiri.

Sang ayah juga merupakan pebalap yang cukup ternama pada zamannya. Kemenangan pertama diraih pada 1979, di mana Graziano mendapatkan kemenangan pada kejuaraan dunia kategori 250 di Sirkuit Rijeka Yugoslovia.

Ayah Valentino Rossicycleworld.com Ayah Valentino Rossi

Setelah itu, Graziano kembali menjadi juara pada dua balapan di tahun yang sama, dengan Morbidelli 250 yang dicap nomor 46.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.