Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Gelar Vaksinasi Gratis bagi Awak Bus di 12 Terminal

Kompas.com - 15/07/2021, 10:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya mengetatkan aturan dan melakukan tes acek antigen, menyambut libur Idul Adha Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan menggelar vaksinasi gratis di 12 terminal Tipe A.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk para mitra transportasi darat, mulai dari pengemudi bus, kondektur, agen, tenant di terminal, sampai pengemudi angkutan perkotaan.

"Kami menyelenggarakan vaksinasi di 12 terminal Tipe A. Ini sudah dirapatkan, dan kita juga sudah melaksanan vasksinasi dengan Dinas Kesehatan setempat di Terminal Mengwi Bali, dari 8-13 Juli," ucap Budi dalam dalam konfernesi pers virtual persiapan penyekatan Idul Adha, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: Pengusaha AKAP Keluhkan Pengawasan dan Maraknya Bus Tak Berizin

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).

Untuk penyelenggaraan di 12 terminal Tipe A, Kemenhub menargetkan sebanyak 10.000 vaksin. Hingga saat ini, berdasarkan data sudah ada 7.173 yang mendaftar, sementara potensi tambahannya sebesar 2.827.

Budi menjelaskan, untuk menghindari adanya kerumunan, maka proses vaksinasi dilakukan dengan cara mendaftar lebih dulu. Sementara untuk lokasi terminalnya sebagai berikut ; 

1. Terminal Pakupatan, Serang, Banten
2. Terminal Guntur Garut, Jawa Barat
3. Terminal Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat
4. Terminal Leuwipanjang, Bandung, Jawa Barat
5. Terminal Bulupitu Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah
6. Terminal Tirtonadi, Surakarta, Jawa Tengah
7. Terminal Arjosari, Malang, Jawa Timur
8. Terminal Gayatri, Tulungangung, Jawa Timur
9. Terminal Kertonegoro, Ngawi, Jawa Timur
10. Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur
11. Terminal Pulogebang, DKI Jakarta
12. Terminal Kampung Rambutan, DKI Jakarta

Baca juga: Ini Pengendara yang Tidak Diwajibkan Bawa Sertifikat Vaksin Selama PPKM Darurat

"Pelaksanaan vaksinasi di 12 terminal tipe A ini kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI, dan Polri. Mulai 15 Juli kita lakukan untuk wilayah Jawa Barat dulu, ada di Garut, Tasikmalaya, dan Bandung," kata Budi.

Bus trans Jawa pertama tengah menunggu penumpang di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (!4/2/2019) pagi.Dok. PO Putera Mulya Sejahtera Bus trans Jawa pertama tengah menunggu penumpang di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (!4/2/2019) pagi.

Selain itu, Kemenhub juga sudah menyediakan 7.700 tes antigen gratis yang dikhususkan bagi sopir truk di empat dermaga besar, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Lebih lanjut Budi mengingkatkan pelaku perjalanan agar mematuhi protokol kesehatan dan melengkapi syarat sesuai aturan.

Akan ada 1.065 titik penyekatan yang dilakukan Korlantas Polri dalam menyambut libur Idul Adha dengan seleksi yang ketat. Hanya para pekerja di sektor esensial dan kritikal yang dizinkan, dan khusus perjalanan wilayah aglomerasi wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Kemenhub juga akan lebih mengiatkan tes acak antigen kepada calon penumpang di beberapa terminal tipe A.

Baca juga: PPKM Darurat, Ini Kendaraan yang Bebas Melintas Jalur Transjakarta

Pengecekan PPKM Darurat Ketapang-GilimanukDok. Ajie Panatagama Pengecekan PPKM Darurat Ketapang-Gilimanuk

"Menyangkut protokol yang ada di kami sesuai SE 49 tahun 2021, jadi ada perubahan dari SE 43 tahun 2021 yaitu bagi yang di wilayah aglomerasi. Yang masih diizinkan melakukan perjalanan yaitu sektor esensial dan kritikal ini sudah ada dalam Instruksi Mendagri," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com