Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Gratis Kemenhub Mulai Berjalan di Terminal Tipe A

Kompas.com - 16/07/2021, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan program vaksinasi gratis bagi mitra darat, Kamis (15/7/2021). Program ini dilakukan di 12 lokasi Terminal Tipe A yang ada di Pulau Jawa.

Seperti dijelaskan sebelumnya, progam vaksinasi gratis diberikan bagi awak bus, agen, tenat yang ada di terminal, serta sopir angkutan perkotaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk kebutuhan vaksinasi dengan target mencapai 10.000 dosis vaksin.

Baca juga: Nekat Bawa Penumpang Tanpa Syarat, Kemenhub Kandangkan 2 Bus AKAP

"Saat ini sedang kami siapkan program vaksinasi dengan tim vaksinator dari BKKBN. Kami menargetkan mitra perhubungan yang akan divaksinasi mencapai 10.000 orang, hingga saat ini ada 7.173 peserta yang sudah terdaftar," ujar Budi dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Program vaksinasi Kemenhub bagi mitra daratKEMENHUB Program vaksinasi Kemenhub bagi mitra darat

Pada tahap awal, pemberian vaksin gratis bagi pengemudi bus, kondektur dan mitra lainnya dimulai dari dua terminal di Jawa Barat, yakni Guntur dan Indihiang.

Untuk Terminal Guntur yang berada di Garut, Kemenhub memberikan 340 dosis vaksin. Sementara di Terminal Indihiang Tasikmalaya, sebanyak 320 vaksin.

"Untuk Terminal Leuwipanjan akan dilakukan 16 Juli 2021," kata Budi.

Baca juga: Kemenhub Gelar Vaksinasi Gratis bagi Awak Bus di 12 Terminal

Sementara terminal Tipe A lainnya, mulai dari Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Budi mengakta sudah dikoordinasikan masing-masing Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPDT) kepada Dinas Kesehatan.

Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah

Namun secara kondisi pada masing-masing Dinas Kesehatan di provinsi, kota, dan kabupaten memang belum tersedia vaksin. Dengan demikian, proses pelaksanaannya masih menunggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com