Mantan Musuh Bebuyutan, Ini Komentar Biaggi Dengar Rossi Pensiun

Kompas.com - 06/08/2021, 11:20 WIB
Max Biaggi of Italy (R) powers ahead of compatriot Valentino Rossi (L) during the second free practice session of the 500cc Australian Motorcyle Grand Prix at Phillip Island 13 October 2001.  Biaggi lies in second place behind Rossi in the 2001 World Championship rankings.  AFP PHOTO/Paul CROCK. (Photo by PAUL CROCK / AFP) PAUL CROCKMax Biaggi of Italy (R) powers ahead of compatriot Valentino Rossi (L) during the second free practice session of the 500cc Australian Motorcyle Grand Prix at Phillip Island 13 October 2001. Biaggi lies in second place behind Rossi in the 2001 World Championship rankings. AFP PHOTO/Paul CROCK. (Photo by PAUL CROCK / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu rival terdekat Valentino Rossi dalam karirnya adalah Max Biaggi. Keduanya bertemu saat masih di kelas 500 cc dan awal-awal era MotoGP.

Persaingan Rossi dengan Biaggi cukup keras. Keduanya bahkan diketahui tak hanya berselisih di dalam trek, tapi juga sempat berselisih di luar trek.

Baca juga: Musuh Bebuyutan, Biaggi Kangen Balapan dengan Rossi

Usia Biaggi delapan tahun lebih tua dari Rossi. Pebalap yang juga berasal dari Italia ini sudah lebih dulu pensiun pada 2012 lalu, namun bukan dari MotoGP melanikan di ajang World Superbike (WorldSBK).

Max Biaggi dan Valentino Rossi.  AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Max Biaggi dan Valentino Rossi. AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Meski keduanya pernah bersaing sangat ketat, tapi Biaggi tetap mendoakan pebalap yang dijuluki "The Doctor" tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tahu hari ini adalah masa sulit untuknya, karena sayangnya saya sudah merasakannya beberapa tahun lalu. Seorang olahragawan tidak akan pernah ingin merasakan hari pensiun dan sejarah olahraga penuh dengan contoh seperti ini," ujar Biaggi, dalam unggahannya di media sosial.

Baca juga: Seteru di Masa Lalu, Max Biaggi Sudah Tidak Dendam dengan Rossi

Biaggi menambahkan, dirinya juga sangat tersiksa sebelum memutuskan untuk berhenti. Tapi, keputusan tersebut berjalan secara natural.

"Valentino dan saya sudah menggambarkan salah satu persaingan terindah di dunia balap motor, tanpa berpura-pura menjadi teman. Kami berdua adalah bersaing keras, bertarung untuk meraih tujuan yang sama. Saya yakin inilah mengapa secara alami mustahil untuk menjadi teman," kata Biaggi.

Max Biaggi dan Valentino Rossi.      AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)TOSHIFUMI KITAMURA Max Biaggi dan Valentino Rossi. AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

Biaggi mengatakan, saat menjadi pemenang, maka tidak akan bisa terima berada di posisi kedua. Ketika berada di posisi kedua, dia akan mempersiapkan diri untuk menjadi yang pertama pada balapan berikutnya.

Tapi, semua itu sudah berubah. Menurut Biaggi, seiring berjalannya waktu pandangannya berubah. Khususnya, karena dia sekarang adalah seorang ayah, mengendarai motor hanya untuk bersenang-senang.

Max Biaggi dan Valentino Rossi saat menghadiri sesi konferensi pers menjelang balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 15 September 2005.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Max Biaggi dan Valentino Rossi saat menghadiri sesi konferensi pers menjelang balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, 15 September 2005.

"Saya melihat anak-anak berlarian di tim saya dan ketika saya memikirkan tentang perkelahian kecil antara Vale dengan saya, saya merasa nostalgia dan saya merasa senang bisa hidup dalam momen-momen tersebut dengan intensitas yang dalam," ujar Biaggi.

"Saya ingin mendoakan kehidupan yang baik untuk musuh luar biasa saya dengan harapan mungkin suatu hari nanti kita bisa tersenyum bersama ketika mengingat momen-momen tersebut," katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.