Kompas.com - 06/08/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comToyota GR Yaris jadi hatchback berperforma tinggi yang meluncur sejak 2020. Untuk pasar Indonesia mobil ini sudah dijadwalkan meluncur pada semester kedua 2021.

Tak sampai setahun sejak pertama kali meluncur, Toyota tampaknya masih kurang puas dengan performa GR Yaris.

Dilansir dari Motor1 (5/8/2021), sebuah hatchback yang sepertinya adalah GR Yaris prototipe terpergok sedang melakukan uji coba di sirkuit Nurburgring.

Baca juga: Aksi Lempar Batu dan Pemalakan Bus dan Truk Semakin Meresahkan

Toyota GR Yaris versi pengembangan tengah diuji coba di sirkuit NurburgringMOTOR1.com Toyota GR Yaris versi pengembangan tengah diuji coba di sirkuit Nurburgring

Setelah diusut mobil ini bukan sekadar GR Yaris, melainkan model yang punya tampilan lebih niat untuk balap.

Pada bagian eksterior, terlihat sejumlah komponen aero di bumper. Bagian depan bumper juga ada lubang angin berukuran besar untuk mendinginkan mesin.

Sementara bagian buritan, terdapat sayap besar di atas kaca belakang yang tampaknya berguna untuk menambah dowforce.

Baca juga: Biaya dan Prosedur Lengkap Perpanjang STNK 5 Tahunan

Toyota GR Yaris Toyota GR Yaris

Melihat bocoran foto-foto yang beredar, diduga kuat bahwa Toyota tengah menyiapkan kembalinya Yaris GRMN (Gazoo Racing Masters of Nurburgring).

GR Yaris bergaya balap ini dipercaya mengusung dapur pacu yang lebih buas. Meski masih mengusung unit 1.600 cc 3-silinder turbocharged, tenaganya diprediksi mencapai lebih dari 300 tk.

Padahal tenaga GR Yaris bawaan pabrik hanya berada di kisaran 257 tk, yang merupakan tenaga terbesar untuk mesin 3-silinder saat ini.

Baca juga: Penampakan Hyundai Staria Sang Penantang Alphard, Prediksi Harga Rp 800 Jutaan

Toyota GR Yarisglobal.toyota Toyota GR Yaris

Toyota belakangan memang pernah berjanji untuk meluncurkan versi performa dari seluruh produk yang dijual. Bahkan Land Cruiser 300 terbaru saja, bakal punya varian GR Land Cruiser dengan orientasi performa.

Kemunculan Yaris GRMN mungkin saja terjadi sebagai representasi GR Yaris yang lebih kencang. Sejumlah kalangan memprediksi mobil ini paling cepat hadir pada awal 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.