Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaggi Sebut Rossi Bisa Jadi Bulan-bulanan Pebalap Muda

Kompas.com - 30/09/2020, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi resmi memperpanjang karir balapnya di MotoGP selama satu tahun. Tahun depan, pebalap asal Italia tersebut akan menginjak usianya yang ke-42.

Sementara lawannya, banyak sekali pebalap muda yang bahkan usianya masih di bawah 30 tahun. Tentu tak mudah berkompetisi melawan semua rival tersebut.

Baca juga: Tiga Kali Gagal Dapat Poin, Rossi Bilang Masih Ada Kans Juara Dunia

Max Biaggi, salah satu pebalap senior yang sempat menjadi rival tersengit Rossi dan sudah pensiun, mengatakan, dirinya sedikit memahami alasan Rossi untuk terus balapan.

Rossi vs Max Biaggi Welkom 2004 Rossi vs Max Biaggi Welkom 2004

"MotoGP adalah yang terbaik dan sedikit saya mengerti alasan keputusannya untuk tetap lanjut. Saya tidak ingin memberinya nasihat, tapi sepertinya saya mengerti apa yang orang lain rasakan," ujar Biaggi, dikutip dari GPone.com.

Biaggi menambahkan, Rossi bisa menjadi bulan-bulanan para pebalap muda dengan statusnya sebagai legenda hidup di lintasan balap MotoGP. Menurutnya, pebalap muda akan mencoba untuk melakukan late braking hanya untuk mengatakan dirinya pernah menyalip Rossi.

Baca juga: Kesal Terjatuh di MotoGP Catalunya, Rossi Akui Terbawa Emosi

Biaggi sendiri usianya 7 tahun di atas Rossi. Keduanya bersaing ketat di kelas 500 cc selama 2 tahun dan di MotoGP selama 4 tahun.

Di akhir musim 2005, Biaggi memutuskan untuk berhenti dari MotoGP tanpa gelar juara dunia. Sebab, sejak 2001 hingga 2005, gelar juara dunia selalu jatuh ke tangan Rossi.

Pada 2007, Biaggi kembali balapan di World Superbike (WSBK). Dia pensiun di musim 2012 setelah meraih gelar juara dunia WSBK di musim 2010 dan 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com