Ingat Kecelakaan Parah MotoGP Austria 2020, Kini Ada Pengaman Tambahan

Kompas.com - 06/08/2021, 08:42 WIB
Kecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring. TWITTER.com/MOTOGPKecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada MotoGP Austria 2020, balapan sempat dihentikan sementara karena kecelakaan horor. Insiden tersebut melibatkan Franco Morbidelli dan Johann Zarco.

Zarco yang mengurangi kecepatannya membuat Morbidelli yang berada di belakang jadi menyerempet bannya. Keduanya pun terjatuh dalam kecepatan 300 km/jam, tapi motor terus melaju ke dinding pelindung dan hancur berkeping-keping.

Baca juga: Lama Tak Balapan, Crutchlow Mengaku Siap Hadapi MotoGP Styria

Motor tersebut juga terlempar sampai hampir mengenai Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang sudah berada di tikungan. Beruntung keduanya bisa selamat dari insiden tersebut.

Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020MotoGP Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

Dikutip dari Speedweek.com, Kamis (5/8/2021), beberapa pebalap sempat mengusulkan untuk dibuat chicane pada tikungan tersebut. Namun, Race Director Andy Meklau menduga pihak Formula 1 (F1) tidak akan setuju.

Sebab, dengan adanya chicane pada tikungan tersebut, maka tidak ada ruang bagi dua mobil F1 bersebelahan pada tikungan 2. Maka itu, dibangunlah dinding pelindung yang lebih panjang untuk menghindari terjadinya insiden serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jelang MotoGP Styria 2021, Kondisi Marquez Sudah Lebih Baik

"Anda tidak akan pernah bisa membuat olahraga balap ini sepenuhnya aman. Sudah berapa banyak superstar yang tutup usia dan apa yang sudah didiskusikan? Subyeknya ada di sana," ujar Meklau.

Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020MotoGP Insiden kecelakaan parah antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco di MotoGP Austria 2020

Meklau mengatakan, dari segi sirkuit sudah sangat aman. Namun, yang dikhawatirkannya justru dari kondisi cuaca. Sebab, diprediksi MotoGP Styria akan diwarnai hujan.

"Prediksi yang tepat sulit dilakukan saat ini. Seperti biasa, aspal sudah dibersihkan. Abrasi dari karet ban dari balapan lain sudah dibersihkan. Kami tidak bisa melakukan apa-apa lagi, semua sudah aman," kata Meklau.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.