Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Gaji Pebalap F1 dan MotoGP, Mana yang Lebih Besar?

Kompas.com - 27/07/2021, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula 1 dan MotoGP merupakan kejuraan balap paling tinggi di kelasnya masing-masing. F1 di ajang balap mobil, sedangkan MotoGP di balap sepeda motor.

Meski levelnya sama, ada perbedaan yang signifikan dalam pendapatan para pebalap F1 dan MotoGP. Para pebalap F1 mempunyai bayaran alias gaji lebih tinggi ketimbang pebalap MotoGP.

Baca juga: Mustang Shelby GT500 Terbakar di Pondok Indah, Diduga Korsleting

Mengutip Rideapart, hal ini diyakini karena status F1 yang merupakan olahraga dan juga tontonan lebih terkenal dan mendunia daripada MotoGP.

Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Faktanya, dalam situs itu, pebalap F1 bisa menghasilkan uang lebih banyak daripada pebalap MotoGP. Sebab, mengemudikan mobil balap dianggap butuh lebih banyak keterampilan.

Namun, digarisbawahi bahwa bukan berarti balapan motor tidak memiliki kelebihan, atau pebalapnya tidak mempunyai tingkat keterampilan yang sama dengan pebalap mobil.

Menurut Rideapart, pada 2020, gaji pebalap rookie MotoGP tidak jauh beda dengan pebalap F1. Walaupun demikian, pada akhirnya gaji pebalap MotoGP tetap kalah dari gaji pebalap F1.

Meskipun gaji awal pebalap F1 setara rookie MotoGP, pebalap F1 mempunyai potensi melipatgandakan penghasilannya besar-besaran jika bisa berada di peringkat klasemen atas.

Baca juga: Penjualan Kendaraan Niaga Semester I 2021, Naik 25 Persen

Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura .Motosport/Steven Tee Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura .

Contohnya ialah gaji Marc Marquez dibandingkan dengan Lewis Hamilton. Gaji Baby Alien tidak sebesar yang dihasilkan Hamilton di F1, meski keduanya juara dunia berkali-kali.

Mengutip Racingnews365.com, Hamilton merupakan pebalap dengan bayaran tertinggi pada musim 2021. Juara dunia F1 tujuh kali itu mendapat bayaran 30 juta dollar AS atau setara Rp 434 miliar.

Situs Sportingfree menyebutkan, gaji pebalap MotoGP paling tinggi ialah Marc Marquez dengan nilai kontrak 12 juta dollar AS atau sebesar Rp 173 miliar per tahun, atau sekitar Rp 9 miliar tiap balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com