Berlagak ala Superman, Pengendara Motor Seruduk Pohon

Kompas.com - 06/08/2021, 07:22 WIB
Aksi balap liar belakangan ini semakin marak di beberapa wilayah Indonesia. Bahkan dalam suatu kasus tertentu mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar. instagram.com/agoez_bandz4Aksi balap liar belakangan ini semakin marak di beberapa wilayah Indonesia. Bahkan dalam suatu kasus tertentu mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi balap liar belakangan ini semakin marak di beberapa wilayah Indonesia. Aktivitas ini mulai mengganggu pengguna jalan dan warga sekitar.

Seperti video yang diunggah oleh akun instagram Agoez Bandz4, Kamis (5/8/2021). 

Dalam rekaman berdurasi 10 detik itu, terlihat beberapa pengendara motor yang hendak melakukan balap liar di jalan raya. Salah satunya mengendarai sepeda motornya dengan gaya Superman terbang.

Sayangnya, pengendara motor tersebut kehilangan kendali hingga menyeruduk pohon yang ada di pinggir jalan.

Baca juga: Karyawan Diler dan Bengkel Wahana Honda Sudah 100 Persen Divaksin

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, balap liar di jalan raya apalagi jika jalanan tersebut ramai oleh kendaraan lain adalah tindakan berbahaya.

“Kalau memang hobi lakukan di tempat tertutup seperti sirkuit. Jangan di ruang publik dan jalan raya,” ucap Jusri belum lama ini kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jusri menambahkan, dari sisi keselamatan ini adalah sebuah perilaku tidak aman, bodoh dan tidak bertanggung jawab sama sekali. Karena membahayakan diri sendiri, serta dapat merusak tatanan hidup keluarga mereka dan orang lain.

“Harus ada tindakan hukum yang keras agar kejadian ini tidak terulang. Hal ini melibatkan banyak pihak tidak cuma penegak hukum atau polisi aja,” katanya.

Baca juga: Resmi, Valentino Rossi Umumkan Pensiun

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menambahkan, aktivitas balap liar memang sulit untuk diberantas.

“Ini menyangkut anak muda yang kurang beraktivitas yang terarah dan minimnya penyaluran terhadap mereka. Setiap kali ada jalan kosong, sepi, baru, tertutup, selalu dimanfaatkan oleh mereka, dan aksi mereka semakin menggila karena tidak adanya penertiban juga selalu didukung oleh adanya penonton,” kata Sony.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.