Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Rata-rata Biaya Turun Mesin di Bengkel Resmi?

Kompas.com - 01/08/2021, 16:04 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sebuah unggahan di Facebook memperlihatkan biaya perbaikan mobilnya yang dirasa terlalu mahal. Dirinya menganggap bengkel sembarangan menggetok harga sehingga biayanya jadi mahal.

Memang mogok di tengah jalan bukanlah keinginan siapa-siapa. Apalagi ketika dibawa ke bengkel untuk diperbaiki, biaya yang dikeluarkan malah lebih dari perkiraan.

Dalam foto nota pembayaran tersebut, pemilik Toyota Starlet harus membayar Rp 7,5 juta. Rinciannya, Rp 2,5 juta untuk jasa, sisanya suku cadang seperti oli, bubut kruk as, filter oli, seal kruk as, paking head, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Merasa Ditipu, Pria Ini Curhat Biaya Servis Mobilnya Tembus Jutaan Rupiah

Ilustrasi klep mesin mobil Ilustrasi klep mesin mobil

Memang sebuah biaya yang cukup tinggi, namun pekerjaan yang dilakukan juga cukup banyak. Mengingat perbaikan tersebut bukan sekadar tune up saja, melainkan harus turun mesin atau overhaul.

Memang sebenarnya berapa biaya untuk jasa dan suku cadang ketika ingin overhaul di sebuah bengkel resmi?

Sapta Agung Nugraha, Service Head Auto2000 Bekasi mengatakan, biaya turun mesin tergantung dari apa kerusakan yang dialami mesin setelah dibongkar, jadi akan bervariasi harganya.

Baca juga: Sudah Bulan Agustus, Pemilik Skutik Ini Harus Siap-siap Punya SIM CI

“Untuk biaya jasanya, tergantung jenis kendaraannya. Misalnya Avanza berkisar Rp 3,5 juta sampai Rp 7 juta, sedangkan Innova Rp 8 jutaan,” ucap Sapta kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Sapta menjelaskan, proses turun mesin relatif memakan waktu yang lama. Mesin diangkat dari ruang mesin dan dibongkar, dilepas satu persatu bagiannya dan semua komponen yang ada di dalam mesin dibersihkan.

“Setelah itu baru diperiksa, diukur, komponen-komponen mana yang rusak lalu diganti sesuai ukuran standar. Setelah semua terpasang, ruang bakar dibersihkan dari kotoran karbon yang menumpuk, kemudian disetel kembali ke ukuran standarnya,” kata Sapta.

Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000 Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000

Selanjutnya, biaya untuk suku cadang juga disesuaikan dengan apa saja yang rusak. Misalnya dari empat silinder di mesin, belum tentu semua bagiannya rusak, jadi nantinya biaya akan bervariasi.

“Tentu ada garansi setelah engine overhaul, yaitu 1.000 km atau satu bulan, mana yang tercapai lebih dahulu. Kalau biaya jasa tentu gratis, begitu juga suku cadang yang rusak apabila bukan kesalahan pemakaian,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com