Berapa Rata-rata Biaya Turun Mesin di Bengkel Resmi?

Kompas.com - 01/08/2021, 16:04 WIB
Ilustrasi overhaul mesin mobil www.easternrangesmotors.com.auIlustrasi overhaul mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, sebuah unggahan di Facebook memperlihatkan biaya perbaikan mobilnya yang dirasa terlalu mahal. Dirinya menganggap bengkel sembarangan menggetok harga sehingga biayanya jadi mahal.

Memang mogok di tengah jalan bukanlah keinginan siapa-siapa. Apalagi ketika dibawa ke bengkel untuk diperbaiki, biaya yang dikeluarkan malah lebih dari perkiraan.

Dalam foto nota pembayaran tersebut, pemilik Toyota Starlet harus membayar Rp 7,5 juta. Rinciannya, Rp 2,5 juta untuk jasa, sisanya suku cadang seperti oli, bubut kruk as, filter oli, seal kruk as, paking head, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Merasa Ditipu, Pria Ini Curhat Biaya Servis Mobilnya Tembus Jutaan Rupiah

Ilustrasi klep mesin mobil Ilustrasi klep mesin mobil

Memang sebuah biaya yang cukup tinggi, namun pekerjaan yang dilakukan juga cukup banyak. Mengingat perbaikan tersebut bukan sekadar tune up saja, melainkan harus turun mesin atau overhaul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang sebenarnya berapa biaya untuk jasa dan suku cadang ketika ingin overhaul di sebuah bengkel resmi?

Sapta Agung Nugraha, Service Head Auto2000 Bekasi mengatakan, biaya turun mesin tergantung dari apa kerusakan yang dialami mesin setelah dibongkar, jadi akan bervariasi harganya.

Baca juga: Sudah Bulan Agustus, Pemilik Skutik Ini Harus Siap-siap Punya SIM CI

“Untuk biaya jasanya, tergantung jenis kendaraannya. Misalnya Avanza berkisar Rp 3,5 juta sampai Rp 7 juta, sedangkan Innova Rp 8 jutaan,” ucap Sapta kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Sapta menjelaskan, proses turun mesin relatif memakan waktu yang lama. Mesin diangkat dari ruang mesin dan dibongkar, dilepas satu persatu bagiannya dan semua komponen yang ada di dalam mesin dibersihkan.

“Setelah itu baru diperiksa, diukur, komponen-komponen mana yang rusak lalu diganti sesuai ukuran standar. Setelah semua terpasang, ruang bakar dibersihkan dari kotoran karbon yang menumpuk, kemudian disetel kembali ke ukuran standarnya,” kata Sapta.

Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000 Toyota Kijang Super Short 1987 tetap lakukan servis di bengkel resmi Auto2000

Selanjutnya, biaya untuk suku cadang juga disesuaikan dengan apa saja yang rusak. Misalnya dari empat silinder di mesin, belum tentu semua bagiannya rusak, jadi nantinya biaya akan bervariasi.

“Tentu ada garansi setelah engine overhaul, yaitu 1.000 km atau satu bulan, mana yang tercapai lebih dahulu. Kalau biaya jasa tentu gratis, begitu juga suku cadang yang rusak apabila bukan kesalahan pemakaian,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.