Perbandingan Konsumsi BBM SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Kompas.com - 01/08/2021, 18:01 WIB
Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegara TAMToyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegara
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu hal penting yang kerap diperhatikan masyarakat Indonesia sebelum menggarasikan kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Apalagi, bila kendaraan terkait nantinya akan digunakan sehari-hari dengan kondisi jalan padat dan macet seperti DKI Jakarta. Tak heran, para produsen pun kini tampak berlomba untuk menciptakan mobil hemat BBM.

Atas kondisi tersebut tim Kompas.com merangkum hasil pengujian dua sport utility vehicle (SUV) murah dari Toyota, yakni Rush dan Raize saat digunakan pada jalur perkotaan.

Baca juga: Perbandingan Fitur SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Toyota Rush TRD UltimoKompasOto Toyota Rush TRD Ultimo

Perlu dicatat, selama pengujian keadaan jalur yang ditempuh sangat beragam yakni padat kendaraan, bebas hambatan, hingga kapasitas penumpang yang berbeda (mempengaruhi bobot atau beban pada mobil).

Pertama, pengujian dilakukan pada model Rush yang memiliki mesin 1.5 liter dengan teknologi Dual VVT-i dengan keluaran daya hingga 104 PS dan torsi 13,9 kgm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama penggunaan, terasa torsi mobil sangat mumpuni untuk menempuh ragam jalan. Bahkan, ketika macet di flyover tidak masalah atau mobil bisa dikendalikan secara mudah oleh pengemudi.

Sementara mengenai kecepatan maksimumnya, memang Rush bukan yang terbaik di kelasnya. Kami masih merasa turbo lag di putaran menengah ketika dalam keadaan tertentu.

Lantas berapa konsumsi BBM-nya? Dari hasil yang tertera pada MID di panel meter, selama menempuh jarak sekitar 200 km konsumsi BBM-nya mencapai 11,4 kpl.

Baca juga: Pabrik Baterai Ada di Indonesia, Harga Kendaraan Listrik Bisa Turun Signifikan

Toyota Raize Toyota Raize

Bergeser ke model kedua, yakni Raize, pengujian dilakukan di trek yang hampir serupa. Tapi untuk diketahui, pada pengujian ini kami menggunakan varian 1.0L Turbo atau model tertingginya.

Di atas kertas, varian ini dibekali mesin 1KR-VET 3 silinder Turbo, In-line 12 Valve DOHC, plus CVT. Hasilnya, mobil memiliki daya 96,6 tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di rentang putaran 2.400 rpm - 4.000 rpm.

Selama menempuh jarak yang lebih pendek, yakni 150 km tercatat bahwa konsumsi BBM untuk Raize adalah 14,7 kpl.

Hal ini cukup sesuai dengan hasil uji internal mobil yang menyatakan konsumsi SUV kompak tersebut berkisar di antara 13,8-18 kpl.

Adapun impresi ketika berkendara produk baru tersebut, kami merasakan pengalaman yang cukup berbeda. Selain mudah digunakan dan respoinsif, mobil sangat agresif untuk ukuran sebuah SUV.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.