Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Konsumsi BBM SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Kompas.com - 01/08/2021, 18:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu hal penting yang kerap diperhatikan masyarakat Indonesia sebelum menggarasikan kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Apalagi, bila kendaraan terkait nantinya akan digunakan sehari-hari dengan kondisi jalan padat dan macet seperti DKI Jakarta. Tak heran, para produsen pun kini tampak berlomba untuk menciptakan mobil hemat BBM.

Atas kondisi tersebut tim Kompas.com merangkum hasil pengujian dua sport utility vehicle (SUV) murah dari Toyota, yakni Rush dan Raize saat digunakan pada jalur perkotaan.

Baca juga: Perbandingan Fitur SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Toyota Rush TRD UltimoKompasOto Toyota Rush TRD Ultimo

Perlu dicatat, selama pengujian keadaan jalur yang ditempuh sangat beragam yakni padat kendaraan, bebas hambatan, hingga kapasitas penumpang yang berbeda (mempengaruhi bobot atau beban pada mobil).

Pertama, pengujian dilakukan pada model Rush yang memiliki mesin 1.5 liter dengan teknologi Dual VVT-i dengan keluaran daya hingga 104 PS dan torsi 13,9 kgm.

Selama penggunaan, terasa torsi mobil sangat mumpuni untuk menempuh ragam jalan. Bahkan, ketika macet di flyover tidak masalah atau mobil bisa dikendalikan secara mudah oleh pengemudi.

Sementara mengenai kecepatan maksimumnya, memang Rush bukan yang terbaik di kelasnya. Kami masih merasa turbo lag di putaran menengah ketika dalam keadaan tertentu.

Lantas berapa konsumsi BBM-nya? Dari hasil yang tertera pada MID di panel meter, selama menempuh jarak sekitar 200 km konsumsi BBM-nya mencapai 11,4 kpl.

Baca juga: Pabrik Baterai Ada di Indonesia, Harga Kendaraan Listrik Bisa Turun Signifikan

Toyota Raize Toyota Raize

Bergeser ke model kedua, yakni Raize, pengujian dilakukan di trek yang hampir serupa. Tapi untuk diketahui, pada pengujian ini kami menggunakan varian 1.0L Turbo atau model tertingginya.

Di atas kertas, varian ini dibekali mesin 1KR-VET 3 silinder Turbo, In-line 12 Valve DOHC, plus CVT. Hasilnya, mobil memiliki daya 96,6 tk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di rentang putaran 2.400 rpm - 4.000 rpm.

Selama menempuh jarak yang lebih pendek, yakni 150 km tercatat bahwa konsumsi BBM untuk Raize adalah 14,7 kpl.

Hal ini cukup sesuai dengan hasil uji internal mobil yang menyatakan konsumsi SUV kompak tersebut berkisar di antara 13,8-18 kpl.

Adapun impresi ketika berkendara produk baru tersebut, kami merasakan pengalaman yang cukup berbeda. Selain mudah digunakan dan respoinsif, mobil sangat agresif untuk ukuran sebuah SUV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com