Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Valentino Rossi Pertama Kali Tes Motor Honda di GP500

Di tengah teka-teki tersebut Rossi kembali mengingat awal karirnya di kelas premier pada tahun 2000. Bukan di kelas MotoGP tapi saat itu masih Grand Prix alias GP500.

“Saya masih ingat tes pertama saya dengan sangat baik. Itu di Jerez pada November 1999,” kata Rossi kepada Sky Sport Italia dikutip dari Motorsport-Total.com, Minggu (1/8/2021).

“Saya baru saja memenangkan gelar 250cc bersama Aprilia dan di HRC saya mengharapkan kedatangan banyak mobil dan orang dari Honda," kata Rossi.

Alih-alih disambut banyak kru Rossi justru tercengang karena ditemui oleh dua orang mekanik yang membawa Honda NSR500 menggunakan mobil sewaan.

"Jeremy Burgess datang dengan Bernard, seorang mekanik dari Belgia yang masih bekerja untuk saya sampai sekarang. Mereka mengenakan pakaian biasa, tetapi mereka benar-benar menggunakan sweater yang buruk dan celana jins yang ketat," kata Rossi.

"Mereka membawa Honda 500cc dengan van sewaan," kata Rossi.

"Keesokan harinya saya mencoba motor untuk pertama kalinya dan itu adalah perasaan yang tak terlupakan," kata Rossi.

"Itu benar-benar motor yang sangat brutal dan cepat. Jalan lurus saja sangat sulit karena treknya tiba-tiba terlihat jauh lebih sempit daripada di 250cc,” ucapnya.

Pebalap asal Italia itu mengatakan, saat tes hari pertama dirinya tak bisa mengimbangi tenaga motor yang buas. Baru pada hari kedua catatan waktunya mulai membaik.

Setelah lebih dari 25 tahun berkecimpung di dunia balap motor, The Doctor mengatakan dia lebih terkesan saat tes pertama naik motor 500cc 2-tak ketimbang motor MotoGP 4-tak.

“Saya menganggap diri saya beruntung karena saya adalah pebalap yang tahu kelas 500 dan MotoGP," katanya.

"Tetapi saya harus mengatakan bahwa saya jauh lebih terkesan pada tes 500cc pertama saya saat itu di Jerez daripada tes MotoGP pertama saya dengan Honda RC211V," ungkap Rossi.

Rossi debut di GP500 pada 19 Maret 2000 di Welkom, di GP Afrika Selatan. Adapun kemenangan GP500 pertamanya diraih di Donington Park pada musim yang sama.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/02/110200315/cerita-valentino-rossi-pertama-kali-tes-motor-honda-di-gp500-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke