Ujian Praktik SIM C untuk Moge Bakal Berbeda Mulai Bulan Depan

Kompas.com - 26/07/2021, 08:12 WIB
Rombongan moge ditilang karena masuk jalur Transjakarta atau busway. Dok. TMC Polda MetroRombongan moge ditilang karena masuk jalur Transjakarta atau busway.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai Agustus mendatang, rencananya Korlantas Polri akan mulai memberlakukan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) motor atau SIM C menjadi tiga kategori, yaitu SIM C, CI dan CII.

AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri, mengatakan, secara umum persyaratan membuat SIM C1 maupun C2 sama dengan pembuatan SIM C.

Seperti syarat administrasi, usia, kesehatan jasmani dan rohani, lulus ujian teori, lulus ujian praktik dan/atau simulator.

Baca juga: Bocor, Tampang Toyota Voxy Model Baru Jadi Mirip Alphard

Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.

"Yang nanti ada perbedaan sedikit ialah di ujian praktik,” ujar Arief, dilansir dari siaran Youtube NTMC Channel, Minggu (25/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Arief, ujian praktik SIM C1 dan C2 memiliki materi yang berbeda dibandingkan ujian praktik SIM C.

"Oleh karena itu pastinya akan berbeda, uji praktik motor di bawah 250cc dengan yang 500cc, sampai di atas 500cc tentu ada perbedaan," ucap Arief.

Baca juga: Marak Pencurian Sepeda Motor, Ini 4 Cara Bikin Sulit Maling Beraksi

Ilustrasi moge.Eki Razaki Ilustrasi moge.

"Contohnya misalnya di jarak, kita menggunakan cone, patok-patok elektronik itu jaraknya akan kita sesuaikan, karena untuk motor besar menggunakan sarana praktek motor kecil akan sangat sulit, jarak dan aturannya akan kita sesuaikan," kata dia.

Meski begitu, materi yang akan diujikan pada dasarnya tidak berbeda jauh, umumnya meliputi tes keseimbangan dan tes konsentrasi.

"Dan ada indikator-indikator lain yang bisa mengukur apakah seseorang itu cukup memiliki kompetensi untuk mengendarai roda dua sesuai dengan golongan yang diinginkan," ujar Arief.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.