[POPULER OTOMOTIF] Siap-siap Pemilik Skutik Ini Harus Punya SIM CI | Melihat Bus RANS Cilegon FC Lebih Dekat

Kompas.com - 02/08/2021, 06:02 WIB
Ilustrasi moge. Eki RazakiIlustrasi moge.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia berencana memberlakukan pengelompokkan SIM C menjadi tiga kelompok sesuai kubikasi mesin kendaraan pada Agustus 2021 mendatang.

Kendati belum disebutkan waktu pastinya, tapi dalam beberapa kesempatan pihak Korlantas Polri memastikan bahwa kebijakan terkait sedang disiapkan serta disempurnakan agar bisa diaplikasikan segera.

Sejalan dengannya, akan terdapat beberapa model sepeda motor yang terkena imbas pengelompokkan itu. Sebagai contoh, Yamaha TMax, Honda X-ADV, BMW C 400 X, BMW C 400 GT, sampai Piaggio MP3 500 dan Gesits.

Sementara itu, artikel mengenai video virual pengemudi Honda Jazz yang tidak mau mengalah di jalan dengan kendaraan angkut berukuran besar jadi sorotan sebagian pembaca.

Sebab, setiap pengguna jalan diharuskan bertanggung jawab dan tak egois mengingat jalanan merupakan fasilitas umum yang digunakan oleh setiap warga.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal Kompas Otomotif pada Minggu, 1 Agustus 2021;

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).polri.go.id Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sudah Bulan Agustus, Pemilik Skutik Ini Harus Siap-siap Punya SIM CI

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berencana akan memberlakukan pengelompokan SIM C mulai bulan Agustus 2021. Dibagi berdasarkan kubikasi mesin sepeda motor, SIM C nantinya akan dibagi ke dalam tiga kelompok.

Memang Polri belum menyebutkan tanggal pasti pemberlakuan SIM C yang dipisah berdasarkan golongan sepeda motor ini. Namun dalam beberapa kesempatan, Polri kerap menyebut bulan Agustus jadi target penerapan aturan baru tersebut.

Pada segmen sepeda motor skuter matik (skutik) terdapat beberapa merk dan model yang pengemudinya harus memiliki SIM CI karena kubikasi mesinnya yang berada pada rentang 251-500 cc.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.