Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Tarikan Skutik Yamaha Nmax Lebih Enteng Tanpa Bore Up

Kompas.com - 30/07/2021, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu alasan Yamaha Nmax banyak dipilih adalah performa mesinnya. Namun, masih ada beberapa pemilik skutik bongsor ini yang tidak puas dan ingin upgrade performa motor.

Banyak juga yang memutuskan untuk melakukan bore up atau meningkatkan diameter piston agar kapasitas mesin bertambah. Namun, proses pengerjaannya terkadang memakan waktu dan harus turun mesin. Selain itu, biayanya juga tidak sedikit.

Rio Tan, Racing Manager and Support PT Enwan Multi Partindo, mengatakan, ada cara yang lebih mudah menaikkan tenaga Nmax tanpa harus repot-repot turun mesin untuk bore up.

Baca juga: BMW C 150 Siap Meluncur, Skutik Baru Saingan Nmax dan PCX

“Untuk menaikkan horsepower pada motor Yamaha Nmax, knalpot standarnya harus diganti dengan knalpot aftermarket. Sebab, knalpot ini lebih bisa menyempurnakan gas buang,” ujar Rio, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019

Rio menambahkan, selain mengganti knalpot standar, komponen pada CVT yang berfungsi sebagai sistem transmisi otomatis penggerak roda belakang juga perlu diganti beberapa bagiannya.

Komponen yang wajib diganti adalah pulley sekaligus roller. Untuk beratnya, tersedia 10-12 gram.

Baca juga: Cek Harga Yamaha Nmax Seken, Banyak Diburu Orang

"Ada tiga komponen utama yang memegang peran penting dalam CVT. Komponen yang pertama adalah pulley depan atau Drive Pulley (primer), kemudian pulley belakang atau Driven Pulley (sekunder), dan yang terakhir adalah V-belt yang berperan menghubungkan keduanya," kata Rio.

Rio menjelaskan, pulley depan yang dihubungkan dengan kruk as mesin bertugas menampung tenaga dari mesin. Lalu, memindahkannya ke pulley belakang yang dihubungkan ke as roda.

Dongkrak performa mesin Yamaha Nmax tanpa bore upDok. N1 Dongkrak performa mesin Yamaha Nmax tanpa bore up

Sedangkan V-belt, fungsinya sama seperti rantai pada motor sport atau motor bebek. Tugasnya adalah untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang.

"Bila diperhatikan secara fungsionalnya, begitu pentingnya pulley dan roller sebagai pengantar gerak putar roda belakang. Tentunya, setelah dihubungkan dengan V-Belt," ujar Rio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com