Performa Daihatsu Rocky 1.2L dan Toyota Raize 1.2L

Kompas.com - 14/07/2021, 15:01 WIB
Toyota Raize 1.2L TAMToyota Raize 1.2L

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu dan Toyota resmi memperkenalkan varian terbaru dari Rocky dan Raize di Indonesia. Varian tersebut adalah Daihatsu Rocky 1.2L dan Toyota Raize dengan mesin 1.200cc.

Menyusul peluncuran model pertama bermesin 1.0 turbo,varian ini sekaligus menjadi pelengkap model kedua SUV kompak yang sudah meluncur ke Tanah Air sejak Mei 2021.

Jika dilihat secara kasat mata, baik Raize maupun Rocky memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan, sebab kedua mobil ini memiliki platform yang sama.

Baca juga: Update PPKM Darurat di Bogor, Kendaraan Selain Pelat F Akan Diputar Balik

Meski begitu, selisih harga yang ditawarkan untuk kedua mobil ini cukup jauh. Untuk Daihatsu Rocky 1.2L dibanderol dengan harga mulai dari Rp 185,8 juta untuk tipe M M/T, sedangkan Toyota Raize 1.2L dibanderol dengan harga mulai Rp 210,5 juta untuk tipe G M/T (harga tersebut setelah mendapat relaksasi PPnBM 50 persen).

Ilustrasi mesin 3-silinder 1.000 cc turbo milik Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Ilustrasi mesin 3-silinder 1.000 cc turbo milik Daihatsu Rocky ADS

Sekarang mari kita bahas soal dapur pacunya Daihatsu Rocky 1.2L dan Toyota Raize 1.2L.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua mobil ini menggunakan mesin dengan kode WA-VE 3 silinder, mesin baru 1.200 cc 2 silinder, berbeda dengan yang disematkan pada Sigra ataupun Calya. Sayangnya, belum dilengkapi dengan turbocharged.

Baik Daihatsu Rocky 1.2L dan Toyota Raize mampu menghasilkan tenaga 88 ps atau setara 86 daya kuda dan torsi maksimum 112,7 Nm pada 4.500 rpm.

Baca juga: Akali PPKM Darurat, Pasangan Ini Pilih Menikah di Dalam Bus

“Menggunakan mesin 3 silinder bisa jauh lebih baik dibandingkan 4 silinder. Perfoma lebih baik tapi konsumsi BBM lebih iri,” ujar Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head ADM.

Berdasar klaim Daihatsu, Rocky bermesin 1.200 cc ini bisa menghemat bensin hingga 18-19 Km/liter. Raize yang punya basis mesin serupa seharusnya memiliki konsumsi bahan bakar yang tidak berbeda, hanya saja Toyota memang tidak mengeluarkan klaim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.