Balap Liar Makin Barbar, Nekat Keroyok Polisi

Kompas.com - 09/07/2021, 10:22 WIB
Viral bapak-bapak yang diduga petugas kepolisian dikeroyok saat membubarkan kegiatan balap liar Dok. @bodatnationViral bapak-bapak yang diduga petugas kepolisian dikeroyok saat membubarkan kegiatan balap liar

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelaku balap liar semakin meresahkan. Selain melanggar lalu lintas, bahkan nekat lawan petugas.

Belum lama ini, viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang lelaki usia paruh baya yang dikeroyok oleh para pelaku balap liar. Bahkan, terlihat di antaranya ada seorang perempuan yang ikut-ikutan.

Baca juga: Marak Vespa Matik Balap Liar, Ingat Jalan Raya Bukan Sirkuit

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @bodatnation, terlihat lelaki tersebut dikeroyok beberapa anak muda yang menjadi pelaku balap liar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Let’s Stop Stupidity! (@bodatnation)

Disebutkan dalam keterangan bahwa para pelaku balap liar ini tidak terima dibubarkan oleh lelaki tersebut. Sehingga, mereka melakukan perlawanan dengan cara kekerasan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, biasanya hal tersebut dilakukan di malam hari pada akhir pekan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sering kali, beberapa klub motor nekat iring-iringan walaupun kini masih terdapat pandemi virus corona atau Covid-19," kata Sambodo, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Balap Liar Marak, Catat Ancaman Hukuman

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), balapan liar di jalan raya itu merupakan tindakan yang melanggar lalu lintas.

Untuk itu, pengendara yang terlibat bisa dikenakan hukuman sesuai aturan yang berlaku, yaitu pidana hukuman penjara selama 18 bulan atau denda paling banyak Rp 1,5 miliar.

Aksi balap liar terjadi di Jalan Tentara Pelajar tepatnya sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tentara Pelajar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.Dok. Istimewa Aksi balap liar terjadi di Jalan Tentara Pelajar tepatnya sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tentara Pelajar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

Berikut aturan yang mengatur mengenai legalitas balap liar di jalan:

UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 115

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.