Kompas.com - 07/07/2021, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021. Di Jakarta, tidak ada dispensasi mengenai keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Untuk itu, para pemilik kendaraan tetap harus melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak. Pembayaran pajak dapat dilakukan pada kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Baca juga: PPKM Darurat, Kantor Samsat DKI Masih Beroperasi Normal

Diunggah oleh akun Instagram resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, @humaspajakjakarta, ada empat lokasi gerai Samsat selama masa PPKM 5-20 Juli 2021.

- Jakarta Pusat : Gerai Samsat Kantor Kecamatan Kemayoran
- Jakarta Selatan : Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik
- Jakarta Timur : Gerai Kantor Kecamatan Pulogadung
- Jakarta Utara : Gerai Samsat Pluit Village

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Humas Bapenda Jakarta (@humaspajakjakarta)

Untuk jam pelayanan, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB, khusus gerai Samsat yang berada di mall. Sedangkan yang berada di kantor kecamatan, beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu, membenarkan informasi terkait gerai Samsat tersebut.

Baca juga: Selama PPKM Darurat Bagaimana Layanan Operasional di Kantor Samsat?

"Betul, untuk yang terbaru saat ini, tempat pelayanan untuk gerai Samsat hanya ada di 4 lokasi tersebut, yang beroperasi selama masa PPKM," ujar Herlina, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Selain datang langsung ke kantor Samsat, wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran pajak secara daring lewat aplikasi Si-Ondel atau E-Samsat.

Seorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

Herlina mengatakan, untuk proses yang lebih praktis, disarankan bagi wajib pajak untuk menggunakan e-SAMSAT.

“Untuk saat ini dapat menggunakan e-SAMSAT dengan pembayaran pajak menggunakan menu yang tersedia pada ATM milik bapak atau ibu,” kata Herlina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.