Cegah Virus Corona, Berkendara Motor Wajib Pakai Sarung Tangan

Kompas.com - 30/06/2021, 07:22 WIB
Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.comPilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengurangi risiko terpapar virus Covid-19, setiap pengendara sepeda motor tak hanya diwajibkan untuk menggunakan masker, tapi juga sarung tangan.

Aturan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona selama berkendara atau berada di jalan raya.

Agar perlindungan pada tangan semakin maksimal, pemilihan penutup tangan pun sebaiknya juga tidak asal-asalan.

Baca juga: Protokol Ketat pada Ajang Sentul Drag Fest, Peserta Wajib Tes Antigen

Dr Arina Hidayati, yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surakarta mengatakan, sarung tangan sebaiknya tidak digunakan untuk memegang benda lain selain setang.

Sarung tangan asal tidak dipakai untuk pegang-pegang benda lain, bisa dipakai ulang selama beberapa hari. Asalkan, disemprot dengan cairan disinfektan,” ucap Arina belum lama ini kepada Kompas.com.

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

Arina menambahkan, sebaiknya pengendara motor tak hanya punya satu pasang sarung tangan. Agar saat yang satu dicuci atau dibersihkan, bisa menggunakan sarung tangan lainnya.

Pada kesempatan berbeda, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menambahkan, pengendara motor sebaiknya menggunakan sarung tangan yang melindungi seluruh bagian jari. Hindari penggunaan model half cut atau yang setengah bagian jarinya terbuka.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Perhatikan Ini Saat Modifikasi Knalpot Mobil

“Sarung tangan yang baik adalah yang dapat menutup jari tangan (full), bukan sarung tangan buntung atau setengah tertutup. Tidak hanya dapat mencegah penyebaran virus, namun juga dapat melindungi jari-jari dari cedera yang serius saat jika terjadi kecelakaan,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.