Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damri Sediakan Angkutan untuk Pekerja Migran Indonesia

Kompas.com - 29/06/2021, 16:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat pandemi Covid-19, Perusahaan Umum (Perum) Damri sedang fokus memfasilitasi armada untuk antar jemput Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dalam hal ini Damri bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia dan Komando Daerah Militer Jayakarta.

Sejak Maret 2021, puluhan ribu PMI yang berasal dari berbagai negara pulang ke Indonesia menggunakan bus Damri yang dijemput dari Bandara Soekarno - Hatta ke Wisma Atlet Pademangan dan 26 hotel untuk menjalankan isolasi sebelum kembali beraktivitas.

Damri menyiapkan 30 armada bus yang beroperasi 24 jam untuk mengantar para PMI. Protokol kesehatan pada armada juga sangat diperhatikan, mengingat Covid-19 yang masih menjadi pandemi di berbagai negara.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya

Pekerja migran Indonesia yang diantar jemput dengan bus DamriDOK. DAMRI Pekerja migran Indonesia yang diantar jemput dengan bus Damri

Protokol tersebut di antaranya adalah penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian bus sebelum dan sesudah mengantarkan para pekerja migran, menyediakan hand sanitizer. Serta pramudi yang bertugas menggunakan APD dan masker.

Selain itu, juga diterapkan physical distancing di dalam bus. Sehingga dapat dipastikan bahwa seluruh armada yang digunakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan mengedepankan 4 K yaitu Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan dan Kesehatan Penumpang dan Pramudi.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

Damri bertekad untuk terus memberikan kemudahan akses khususnya bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dalam menjalankan tugas, baik ketika merantau maupun kembali ke Tanah Air.

Seluruh manajemen dan keluarga besar Damri selalu mendoakan agar badai pendemi ini cepat berlalu dari dunia, khususnya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com