Awas Muncul Bau Apak pada Kabin Mobil di Musim Hujan

Kompas.com - 24/06/2021, 08:12 WIB
Kebersihan interior mobil Stanly/OtomaniaKebersihan interior mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Intensitas curah hujan yang mengguyur DKI Jakarta beberapa hari ini, membuat pemilik kendaraan harus ekstra dalam merawat interior mobil. Terutama jika menggunakan jok berlapis bahan kain alias fabric.

Owner Vertue Concept Edy mengatakan, kabin mobil yang belum terpasang karpet dasar dan jok yang masih menggunakan fabric merupakan musuh utama saat musim hujan.

Pasalnya, keduanya bsia menimbulkan kelembapan pada kabin, sehingga menciptakan bau tak sedap.

“Lembap bisa menyebabkan timbulnya bakteri dan kuman dalam interior mobil, apalagi jika pemilik mobil masuk ke mobil dalam keadaan basah dan langsung duduk di jok fabric. Otomatis air akan meresap dan lama-kelaman akan menjadikan kabin lembap,” ujar Edy ketika saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Penyebab Power Steering Mobil Cepat Rusak

Tidak hanya itu, interior yang belum dipasang karpet dasar pun akan menimbulkan efek tersebut.

“Usahakan ketika masuk ke dalam mobil alas kaki dalam keadaan kering, karena mobil yang belum dipasang karpet dasar bisa menimbulkan kelembapan dan bau tidak sedap, karena tetesan yang membuat karpet basah,” kata Edy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi material jok berbahan Fabricstanly Ilustrasi material jok berbahan Fabric

Hal serupa juga diungkapkan oleh Owner Makko Grup Christoper Sebastian. Tetesan air pada kapret mobil bisa membut kabin lembap dan bau tidak sedap yang nantinya bisa menimbulkan bakteri dan kuman dalam mobil.

“Tidak hanya dari faktor pengemudi, air dari evaporator yang bocor dan merembes ke karpet mobil juga bisa membuat karpet lembap dan bau,” ujar Christoper.

Baca juga: Dishub DKI Batasi Waktu Operasional Transjakarta hingga Angkot

Dibandingkan harus menggunakan parfum mobil untuk mengurangi kelembapan dan bau tidak sedap, baik Edy maupun Christopher menyarankan untuk rutin melakukan fogging pada kabin mobil.

Perawatan ini dinilai bisa 99 persen membunuh virus bakteri dan kuman. Cara ini juga dinilai lebih aman untuk dan tidak menimbulkan efek apapun pada kabin mobil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X