Naik DAMRI Harus Bawa Surat Hasil Negatif Tes PCR atau Antigen

Kompas.com - 23/06/2021, 14:01 WIB
Protokol ketat naik bus Damri DOK. DAMRIProtokol ketat naik bus Damri

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersamaan dengan melonjaknya kasus Covid-19 di berbagai daerah, DAMRI mematuhi kebijakan pemerintah untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan, baik di pool maupun selama dalam perjalanan.

Protokol kesehatan yang dijalankan mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 35 Tahun 2021. Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka mendukung konektivitas bagi pelanggan DAMRI.

DAMRI mengimbau pelanggan yang naik bus perlu memenuhi persyaratan dokumen berupa surat keterangan hasil negatif test RT-PCR atau hasil rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, persyaratan lainnya yaitu pelanggan dalam kondisi sehat dan memakai masker dengan standar yang telah berlaku.

Baca juga: Tiga Kesalahan Pengemudi Saat Keluar Tol yang Kerap Dilakukan

Protokol ketat naik bus DamriDOK. DAMRI Protokol ketat naik bus Damri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, untuk mengurangi kontak dengan orang lain, pelanggan bisa memesan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps, tiket.damri.co.id, Traveloka, dan redBus. Begitu juga dengan pembayaran yang bisa melalui platform digital, atau di minimarket.

DAMRI juga fokus memperhatikan kebersihan baik di pool maupun saat perjalanan, di antaranya kondisi pool dalam keadaan bersih dan steril dengan secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan.

Sedangkan untuk armada, dilakukan disinfeksi dan pencucian bagian interior dan eksterior bus setiap 30 menit sekali sebelum beroperasi.

Baca juga: Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

Penerapan physical distancing juga dimonitor dan diawasi oleh petugas DAMRI. Hal tersebut guna memastikan sanitasi dan kebersihan pelanggan tetap terjaga. Tersedia juga wastafel dan hand sanitizer di berbagai titik strategis area loket ataupun ruang tunggu.

Semua pelanggan, petugas, dan pramudi DAMRI diwajibkan selalu menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jika terdapat pelanggan yang lalai, petugas DAMRI dengan tegas akan mengambil tindakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X