Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik DAMRI Harus Bawa Surat Hasil Negatif Tes PCR atau Antigen

Kompas.com - 23/06/2021, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersamaan dengan melonjaknya kasus Covid-19 di berbagai daerah, DAMRI mematuhi kebijakan pemerintah untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan, baik di pool maupun selama dalam perjalanan.

Protokol kesehatan yang dijalankan mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 35 Tahun 2021. Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka mendukung konektivitas bagi pelanggan DAMRI.

DAMRI mengimbau pelanggan yang naik bus perlu memenuhi persyaratan dokumen berupa surat keterangan hasil negatif test RT-PCR atau hasil rapid test antigen yang berlaku 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, persyaratan lainnya yaitu pelanggan dalam kondisi sehat dan memakai masker dengan standar yang telah berlaku.

Baca juga: Tiga Kesalahan Pengemudi Saat Keluar Tol yang Kerap Dilakukan

Protokol ketat naik bus DamriDOK. DAMRI Protokol ketat naik bus Damri

Selain itu, untuk mengurangi kontak dengan orang lain, pelanggan bisa memesan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps, tiket.damri.co.id, Traveloka, dan redBus. Begitu juga dengan pembayaran yang bisa melalui platform digital, atau di minimarket.

DAMRI juga fokus memperhatikan kebersihan baik di pool maupun saat perjalanan, di antaranya kondisi pool dalam keadaan bersih dan steril dengan secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan.

Sedangkan untuk armada, dilakukan disinfeksi dan pencucian bagian interior dan eksterior bus setiap 30 menit sekali sebelum beroperasi.

Baca juga: Tips Anti Mundur Pakai Mobil Transmisi Manual Saat Macet di Tanjakan

Penerapan physical distancing juga dimonitor dan diawasi oleh petugas DAMRI. Hal tersebut guna memastikan sanitasi dan kebersihan pelanggan tetap terjaga. Tersedia juga wastafel dan hand sanitizer di berbagai titik strategis area loket ataupun ruang tunggu.

Semua pelanggan, petugas, dan pramudi DAMRI diwajibkan selalu menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jika terdapat pelanggan yang lalai, petugas DAMRI dengan tegas akan mengambil tindakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com