Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damri Buka Trayek Baru Jakarta - Malang, Tiket Rp 325.000

Kompas.com - 10/03/2021, 18:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan trayek Jakarta - Malang makin ramai. Sebelumnya ada PO 27 Trans Java yang bergabung, sekarang Damri pun turut serta.

Damri resmi melayani angkutan antar kota untuk rute Jakarta Malang, pada Rabu (10/3/2021) bertempat di Kemayoran Jakarta Pusat.

Rilisnya rute ini seiring dengan komitmen Damri, yakni memberikan pelayanan optimal pengguna jasa transportasi publik.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Damri Sandry Pasambuna mengatakan, peresmian trayek ini diharapkan dapat memudahkan perjalanan pelanggan Damri melalui pergerakan orang dan barang, guna meningkatkan roda perekenomian kawasan Kota Malang.

Baca juga: Adu Kenyamanan Bus Eksekutif, Big Top atau Luxury Jakarta - Solo

Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - MalangDOK. DAMRI Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - Malang

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Damri dengan RedBus dan Traveloka untuk membantu memperkuat dan memperluas jaringan transportasi darat," jelas Sandry dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (10/3/2021).

Rute Jakarta - Malang ini menempuh jarak 853,7 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam sampai 12 jam.

Ada dua lokasi untuk keberangkatan dari Jakarta yaitu Pool Damri Kemayoran dengan jam keberangkatan pukul 18.00 WIB dan Terminal Pulogebang yang berangkat jam 19.00 WIB.

Sedangkan untuk keberangkatan dari Malang menuju Jakarta, bus berangkat dari Pool Damri Malang jam 13.00 WIB dan Terminal Arjosari jam 14.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 325.000 untuk Eksekutif dan Rp 375.000 khusus Royal Class.

Baca juga: Edisi Spesial Vespa 75th Anniversary, Dijual Terbatas Hanya di 2021

Pemesanan tiket Damri bisa dilakukan melalui aplikasi Damri Apps, portal tiket.damri.co.id, atau seluruh kanal penjualan resmi lainnya dengan batas pemesanan paling lambat 3 jam sebelum waktu keberangkatan.

Lalu bisa melakukan pembayaran di berbagai platform digital seperti Traveloka, RedBus, OVO, LinkAja, GoPay, Mandiri, dan gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Bus Damri rute Jakarta - Malang ini memiliki fasilitas seperti reclining seat, Air Conditioning (AC) dan konfigurasi seat 2 : 1 dengan jumlah kursi 23.

Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - MalangDOK. DAMRI Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - Malang

Hadirnya layanan ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan usaha Damri untuk memperkuat dan memperluas jaringan transportasi darat, membangun konektivitas antar moda sekaligus mendukung peningkatan perekonomian Provinsi DKI Jakarta dan Malang.

Kemudian, ketika sampai di Kota Malang, penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan Damri KSPN Malang menuju tempat wisata seperti Kawasan Wisata Gunung Bromo dan Kawasan Wisata Malang Selatan Sendangbiru.

Damri terus mengampanyekan gerakan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat memasuki area Pool DAMRI atau armada bus kepada seluruh pelanggan maupun pegawai.

Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - MalangDOK. DAMRI Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - Malang

Untuk operasional, Damri secara rutin melakukan desinfeksi seluruh armada bus sesuai dengan protokol kesehatan yang memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik yang mengutamakan prinsip 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan.

Dengan pengemudi yang berpengalaman dan terampil dalam mengemudikan kendaraan, mempertegas Konsistensi Damri yang juga telah dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah disertifikasi oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com