Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damri Semakin Serius Garap Konversi Bus Listrik

Kompas.com - 24/04/2021, 12:36 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDamri semakin serius mengelola bus listrik sebagai moda transportasi yang lebih ramah lingkungan. Keseriusan Damri didukung dengan segala persiapan konversi yang telah dilakukan.

Salah satu wujud keseriusan Damri adalah dengan melakukan pelepasan bodi dan mesin bus bersama PT Spora Tehnika Indonesia pada Senin, (19/4/2021) di Pool DAMRI Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Pupar, Jakarta Timur.

Damri berkomitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20 persen populasi kendaraan di Indonesia pada tahun 2025.

Baca juga: Ini Bus Tingkat Baru PO Nusantara, Conqueror

Bus Listrik Damrifacebook.com/Kemenbus Bus Listrik Damri

Pelepasan bodi dan mesin dilakukan pada dua unit bus besar dan satu unit bus medium. Program tersebut rencananya akan menjadi awal mula program pengondisian fasilitas bus lainnya, seperti chassis, rem, wiring, engine, transmisi, tangki, dan compressor AC sebelum dilakukan uji coba pada Agustus 2021 mendatang.

Program pelepasan bodi dan mesin ini sesuai dengan timeline yang ditetapkan oleh pihak Damri maupun PT Spora Tehnika yang diharapkan akan selesai pada Triwulan III 2021.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle telah menjadi salah satu fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki cadangan nikel yang sangat besar, yang bisa menjadi bahan baku utama baterai kendaraan listrik.

Baca juga: Resmi, Toyota Raize Meluncur 30 April 2021 di Indonesia

Sebelumnya, keseriusan Damri dalam melakukan konversi bus listrik ditandai dengan penyerahan secara simbolis charger station dari PT Spora Teknika Indonesia kepada Direksi Damri pada saat peringatan ulang tahun ke-74 Damri yang dilaksanakan di Kantor Pusat Damri, Rabu (25/11/2021).

Kemudian bentuk nyata lainnya yaitu melaluiprogram retrofit bus listrik untuk transportasi umum yang dilakukan DAMRI pada acara Semiloka RetrofitBus Listrik Untuk Transportasi Umum yang diadakan di Villa Back to Nature, Bogor pada 14-15 Desember 2020.

Semiloka Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi UmumDamri Semiloka Retrofit Bus Listrik untuk Transportasi Umum

Beberapa partner swasta dalam program ini adalah PT Spora Tehnika Indonesia, PT Optima Integra Tehnika, dan PT ZFAG Aftermarket.

Dalam program konversi ini, Damri bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com