Komparasi Skutik Retro Honda, Scoopy vs Genio

Kompas.com - 22/06/2021, 15:21 WIB
All New Honda Scoopy Foto: AHMAll New Honda Scoopy

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik (skutik) bergaya retro banyak disukai konsumen di Indonesia. Sehingga, banyak pabrikan yang mengeluarkan model tersebut.

Salah satunya adalah Honda yang mengeluarkan Scoopy. Selain Scoopy, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali merilis skutik dengan desain serupa, yakni Genio.

Baca juga: Mengenal Honda Giorno, Lebih Bulat dari Scoopy

Meski demikian, jika diperhatikan, pada Genio memiliki garis bodi yang lebih tajam. Sementara Scoopy, bodinya lebih membulat.

Honda Genio Foto: Istimewa Honda Genio

Di bagian dapur pacu, kedua skutik ini dibekali mesin yang sama, yakni mesin 4-langkah, SOHC, eSP, berpendingin udara, dengan kapasitas 110 cc.

Diameter piston dan langkahnya juga sama, yaitu 47 mm x 63,1 mm. Tenaga yang dihasilkan 8,8 tk pada 7.500 rpm dan torsinya 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Beda Pasar Scoopy dan Genio, Ini Kata Honda

Salah satu yang membedakan ada pada bobotnya, di mana Genio lebih ringan dengan bobot hanya 90 kg. Sementara Scoopy, bobotnya mencapai 95 kg.

All New Honda Scoopy KOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Konsumsi bahan bakarnya hanya beda sedikit. Menurut klaim Honda, Genio memiliki konsumsi bahan bakar 59,1 km/liter. Sedangkan pada Scoopy, konsumsi bahan bakarnya 59 km/liter.

Fiturnya bisa dibilang yang paling membedakan antara kedua skutik ini. Scoopy bisa dikatakan jauh lebih unggul.

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Pada Genio, masih mengandalkan kunci berpengaman magnetik. Sementara Scoopy, sudah ada pilihan smart key atau keyless. Fitur Anti Theft Alarm dan Answer Back System juga dimiliki Scoopy.

Untuk sistem pencahayaan, keduanya sama-sama sudah menggunakan teknologi LED untuk semua pencahayaan. Kedua skutik ini juga sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur power charger. Namun, letaknya saja yang berbeda.

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.