Perawatan Mudah Bodi Motor yang Dilapis Carbon Kevlar

Kompas.com - 11/06/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren melapisi bodi sepeda motor dengan carbon kevlar mulai dilirik para pencinta modifikasi. Selain untuk meningkatkan estetika, tren ini juga bisa melindungi bodi motor.

Tren ini biasanya dilakukan para pencinta balap. Sebab, bahan carbon kevlar sudah digunakan di dunia balap sejak 1970-an sebagai pengganti baja.

Baca juga: Lindungi Bodi Motor, Lapisi Decal atau Carbon Kevlar?

Nicky Kurniawan, pemilik Carbon Autowork di bilangan Tangerang, mengatakan, bodi motor yang dilapis carbon kevlar dinilai lebih awet dibandingkan hanya dilapisi dengan decal atau sticker.

Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbonYoung Machine Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

"Sebenarnya, perawatan tidak jauh berbeda dengan cat. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," ujar Nicky, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nicky menyarankan, sebaiknya jangan terlalu sering dijemur. Selain itu, lebih baik sering dipoles dengan wax agar terus mengilap.

Baca juga: Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R Full Carbon, Tembus Rp 122,5 Juta

"Jika sering dijemur, nantinya bisa terlihat kusam tampilannya. Bukannya pudar, karena kevlar tidak bisa pudar," kata Nicky.

Menurut Nicky, carbon kevlar juga sama seperti cat. Sebaiknya, hindari cairan-cairan kimia yang sifatnya keras, seperti minyak rem dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.