Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sean Gelael dan JOTA Siap Hadapi Tantangan 8 Jam Portimao

Kompas.com - 11/06/2021, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri kedua FIA World Endurance Championship (WEC) akan digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, akhir pekan ini. Kali ini, Sean Gelael dan tim JOTA akan hadapi tantangan yang berbeda dari seri sebelumnya.

Tim JOTA #28 tetap fokus untuk meraih hasil positf di kelas LMP2. Komposisi JOTA #28 masih diisi dengan Sean Gelael, Stoffel Vandoorne (Belgia), dan Tom Blomqvist (Inggris). Tapi di kubu lawan ada yang berubah, walau ada juga yang sama.

Baca juga: Mobil Belum Ideal, Sean Gelael dan Tim Berhasil Naik Podium di WEC

Dari sesama garasi, JOTA #38 juga masih diisi dengan trio Antonio Felix da Costa, Anthony Davidson, dan Roberto Gonzalez. Ketiga pebalap tersebut adalah pesaing langsung JOTA #28 dalam perebutan posisi runner-up di seri pertama.

Sean Gelael JOTA #28Foto: JOTA #28 Sean Gelael JOTA #28

Tim pemenang seri sebelumnya, United Autosports USA, kehilangan pebalap terbaiknya, yakni Filipe Albuquerque. Tapi, penggantinya juga bukan sembarangan, Paul di Resta, yang merupakan jebolan Formula 1 (F1).

Bila di Belgia kubu G-Drive menurunkan dua tim, di Portugal ini keduanya absen sama sekali. Tim tersebut baru saja memenangi kelas LMP2 European Le Mans Series di Paul Ricard, Prancis (6/6).

Baca juga: Sean Gelael Target Podium di WEC Spa-Francorchamps

Secara umum, peserta kelas LMP2 memang berkurang cukup banyak, dari 17 di Belgia menjadi 11 di Portugal. Akan tetapi, bukan berarti kans JOTA #28 kembali naik podium bakal mudah.

Sean Gelael JOTA #28Foto: JOTA #28 Sean Gelael JOTA #28

"Balapan 8 jam itu sendiri bukan hal mudah. Apalagi trek Portimao juga tergolong roller-coaster, karena konturnya yang turun-naik terus menerus dari Tikungan 1 sampai belokan terakhir. Konsentrasi jadi kunci utama di sini karena balapannya panjang," ujar Sean, dalam keterangan resminya.

Bagi Sean, Stoffel, dan Tom, siapa pun yang ada di kubu lawan, semua adalah lawan berat. Berkaca dari hasil di Belgia, kesalahan kecil bisa membuyarkan impian meraih hasil bagus walau sudah di depan mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com