Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemesanan Dibuka, Ferrari Portofino M Sapa Konsumen Indonesia

Kompas.com - 04/06/2021, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai distributor resmi Ferrari di Indonesia, PT Eurokars Prima Utama meluncurkan Ferrari Portofino M buat konsumen Tanah Air. Portofino M melengkapi varian entry level yang sebelumnya telah diisi Ferrari Roma.

Nini Chiandra, General Manager PT Eurokars Prima Utama, mengatakan, pemesanan Portofino M mulai dibuka pada Kamis, 3 Juni 2021.

“Tanggapan konsumen Indonesia sejauh ini sangat positif. Kuota untuk Indonesia juga sudah bisa dipastikan dengan jumlah terbatas,” ujar Nini, saat ditemui di Jakarta (3/6/2021).

Baca juga: Polda Metro Jaya Mau Ganjil Genap Mulai Diberlakukan Lagi

Ferrari Portofino MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari Portofino M

Nini juga menjelaskan, Portofino M merupakan Portofino Modificata atau versi modifikasi dari model yang sudah pernah hadir sebelumnya.

Ada sejumlah ubahan yang dilakukan pada eksterior, interior, hingga mesinnya. Dari luar, ubahan terlihat pada bumper depan baru dengan penambahan side airflow, grill baru, dan juga pelek baru berukuran 20 inci.

Namun paling menarik adanya fitur canggih berupa advanced driver-assistance systems (ADAS), yang bakal berguna saat dibawa berkendara sehari-hari.

Baca juga: Land Cruiser Terbaru Meluncur 9 Juni Mendatang, Apa yang Berubah?

Ferrari Portofino MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari Portofino M

Dalam sistem ini terdapat sejumlah fitur mutakhir yang umumnya terdapat di mobil-mobil mewah.

Mulai dari adaptive cruise control with stop & go untuk mengemudi di jalanan macet, blind spot monitoring, lane departure warning, automatic high beam, hingga tampilan sekeliling secara 3 dimensi.

Bicara soal mesin, model Gran Tourer spider (atap terbuka) dengan konsep interior 2+ ini dibekali mesin 3.855 cc berkonfigurasi V8 turbo, dengan tenaga 620 cv atau setara 611 tk dan torsi 761 Nm.

Baca juga: MotoGP Terlalu Kencang, Marc Marquez Sebut Kecepatan Harus Ada Batasan

Mesin Ferrari Portofino MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Ferrari Portofino M

Tenaga dari dapur pacu tersebut meningkat sekitar 20 cv atau sekitar 19,7 tk, serta mesin ini juga dinobatkan sebagai International Engine of the Year empat tahun berturut-turut (2016-2019).

Seperti diketahui, Portofino M merupakan model global yang baru meluncur sekitar November 2020. Sebelumnya basis mesin 3.855 cc V8 turbo digunakan oleh Portofino dan Roma.

Di Eropa misalnya, supercar Italia ini dibanderiol mulai 206.000 euro atau sekitar Rp 5,3 miliar. Sementara di Indonesia, harganya by order.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2021 Akhir Pekan Ini Berubah

Ferrari Portofino MKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ferrari Portofino M

Alias tidak ada patokan resmi, karena semua spesifikasinya dapat mengikuti kemauan dan selera konsumen.

Namun salah satu tenaga penjual Ferrari di Jakarta mengatakan, Portofino M paling tidak bisa dimiliki di kisaran harga Rp 9 miliar ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com