Land Cruiser Terbaru Meluncur 9 Juni Mendatang, Apa yang Berubah?

Kompas.com - 03/06/2021, 08:22 WIB
Hasil olah digital Toyota Land Cruiser LC300 BESTCARWEB.jpHasil olah digital Toyota Land Cruiser LC300

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran Toyota Land Cruiser generasi baru ternyata benar akan terjadi dalam waktu dekat. Debut internasional SUV legendaris ini dikabarkan akan berlangsung 9 Juni 2021.

Hal ini terungkap dari video pendek yang dirilis Toyota Middle East pada Selasa (1/6/2021). Namun, memang belum banyak informasi yang bisa digali dari tayangan yang berdurasi 6 detik itu.

Toyota tampaknya masih merahasiakan sejumlah perubahan baru pada Land Cruiser seri 300 dibandingkan pendahulunya.

Baca juga: Hari Ini dan Besok Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Sistem Buka Tutup

Bocoran foto Toyota Land Cruiser terbaru.autocarindia.com Bocoran foto Toyota Land Cruiser terbaru.

Namun bocoran kehadiran generasi baru Land Cruiser sebetulnya sudah muncul ke publik semenjak awal 2021.

Menurut laporan Best Car Web, Land Cruiser terbaru mengusung platform TNGA-F (Toyota New Global Architecture) yang dikembangkan dari sasis lama.

Tak ketinggalan dapur pacu, suspensi, mekanisme 4WD yang baru. Termasuk desain bodi, kaki-kaki, dan eksterior-interior secara keseluruhan.

Baca juga: Catat, Ini Harga Baru Toyota Raize Mulai Juni 2021

Ilustrasi Mesin diesel 2.800 cc yang digunakan Toyota Land Cruiser Prado.bestcarweb.jp Ilustrasi Mesin diesel 2.800 cc yang digunakan Toyota Land Cruiser Prado.

Urusan mesin, kabarnya Toyota akan mempensiunkan mesin bensin 4.600 cc V8, 5.700 cc V8, dan mesin diesel 4.500 cc V8.

Kemudian menggantinya dengan dua tipe. Pertama mesin bensin 3.500 cc V6 Turbo & Hybrid, kemudian tersedia juga mesin 3.300 cc Turbo Diesel.

Dengan ubahan-ubahan yang diberikan, diprediksi akan membuat Land Cruiser menjadi SUV yang lebih ringan dan lebih efisien, namun memberikan performa offroad yang lebih baik.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu, Saat Mesin Mobil Mati di Pelintasan Kereta Api

Bocoran foto Toyota Land Cruiser Seri 300.autocarindia.com Bocoran foto Toyota Land Cruiser Seri 300.

Selain itu, perbedaan mencolok datang dari ubahan di sisi eksterior, seperti gril depan baru dengan krom yang lebih banyak, dan kisi-kisi udara baru yang lebih lebih besar.

Di interior, ubahan bakal fokus dengan penyematan sunroof dan fitur kenyamanan serta hiburan kelas atas. Serta paket Toyota Safety Sense untuk meningkatkan fitur keamanan dan keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.