Jangan Asal Melubangi Mangkok CVT pada Motor Matik

Kompas.com - 03/06/2021, 17:12 WIB
Perawatan CVT pada motor matik IstimewaPerawatan CVT pada motor matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang melakukan modifikasi sepeda motor untuk kepentingan gaya atau lebutuhan tampilan dan ada juga yang memiliki tujuan meningkatkan performa. salah satu modifikasi yang dilakukan yakni dengan melubangi mangkok kampas ganda pada CVT motor matik.

Bagian magkok yang menutup kampas kopling ini dilubangi dengan tujuan untuk membantu pendinginan dan membuang gerang-geram sisa kampas kopling yang tersangkut di mangkok ganda.

Baca juga: Ini Kode yang Dilakukan Kru Bus AKAP Saat Ada Pencopet di Kabin

Dengan menghilangkan geram yang menyumbat putaran kampas kopling ganda, diharapkan putaran kampas kopling ganda akan lebih leluasa dan lebih mencengkram ke mangkok ganda.

Selain itu, lubang yang dibuat untuk menambah sirkulasi udara sehingga kampas kopling ganda tidak overheat dan hangus.

CVT matikStanly/Otomania CVT matik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya mangkok CVT motor matik didesain secara khusus agar suara yang dihasilkan pada CVT lebih senyap dan halus. Namun menurut sebagian orang hal tersebut malah membuat sirkulasi udara pada CVT menjadi pengap.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, melubangi mangkok ganda pada CVT motor matik boleh saja namun ada yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Innova Bentrok dengan Mobil Polisi Saat Lawan Arah, Jadi Jalan Mundur

"Kalau melubangi ya sah-sah saja kan punyanya sendiri. Namun melubangi mangkok ganda itu sudah merubah balance dari putaran mangkok itu sendiri," kata Endro kepada Kompas.com Kamis (3/6/2021).

Berkendara motor matikStanly/Otomania Berkendara motor matik

Dengan melubangi mangkok CVT yang menutup kampas kopling ganda akan ada kemungkinan merubah keseimbangan putaran magkok jika tidak dilakukan dengan benar. Hal ini tentu saja akan membuat getaran pada CVT motor matik semakin besar.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Orang Indonesia, Lupa Pintu Keluar Tol

"Akan ada kemungkinan getarannya akan semakin besar karena tidak balance tadi," ucap Endro.

Untuk masalah melubangi mangkok CVT bermanfaat agar tidak membuat motor gredek lagi, Endro mengatakan perlu adanya tes uji terlebih dahulu.

Pihaknya belum bisa menjawab apakah hal itu benar sebelum adanya pengujian lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.