Etika Pindah Lajur di Jalan Tol, Jangan Asal Potong

Kompas.com - 01/06/2021, 09:42 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian pengemudi mobil yang berpindah lajur di jalan tol secara sembarangan sudah sering terjadi di Indonesia. Kadang perpindahan lajur dengan agresif ini bisa membuat kontak antar kendaraan yang berujung celaka.

Sekalipun bisa dihindari, tentu saja tetap membuat pengguna jalan lain jengkel. Sebagai pengguna jalan tol yang baik, harus tahu bagaimana cara pindah lajur di jalan tol yang aman dan beretika.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada dua tahapan yang harus dilakukan pengemudi jika mau berpindah lajur di jalan tol.

Baca juga: Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.DOK. JASA MARGA Ilustrasi jalan tol Jakarta-Cikampek.

“Pertama adalah menyalakan lampu sein. Kedua, cek spion untuk memastikan kendaraan di belakang berada pada ujung dalam bawah spion,” ucap Marcell kepada Kompas.com Senin (31/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian jika melihat spion sudah aman, jangan langsung berpindah lajur. Pengemudi harus menengok sesaat, karena bisa saja ada mobil yang terjebak di blind spot kendaraan. Jika memang aman, baru boleh pindah lajur.

Pengemudi yang memang sudah menyalakan sein tapi tidak cek spion, jangan merasa aman-aman saja. Karena pengguna jalan tidak semuanya waspada akan kondisi mobil lain yang mau pindah lajur, sehingga bisa terjadi tabrakan.

Baca juga: Ini Keuntungan Penggolongan SIM C buat Pengendara Motor

Jangan pernah menganggap pengemudi lain itu akan menaati aturan dan akan selalu mengalah,” kata Marcell.

Jadi sebelum berpindah lajur, pastikan juga kendaraan lain memberi ruang untuk mobil kita. Dengan begitu, kendaraan bisa berpindah lajur dengan aman dan tidak membuat kaget kendaraan lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X