Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Lagi Tabrakan Beruntun di Jalan Tol, Jangan Cuma Andalkan Skill

Kompas.com - 29/05/2021, 12:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan kejadian tabrakan beruntun.

Berdasarkan keterangan, tabrakan ini terjadi di Tol Purbaleunyi KM 121, tanggal 28 Mei 2021 tepatnya saat malam hari.

Beruntung kendaraan yang mengabadikan tabrakan beruntun tidak terlibat dan mampu menghindar.

Dari video ini sebenarnya bisa belajar bahwa pentingnya menjaga jarak ketika mengemudi.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, tabrakan beruntun adalah risiko bahaya yang harus ditanggung pengemudi ketika mengabaikan keselamatan.

Baca juga: Resmi Berlaku, Aturan Penggolongan SIM Segera Disosialisasikan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

“Selama ini, pengemudi hanya mengandalkan insting dan kemampuan reaktifnya saja. Pengemudi tidak pernah bertindak antisipatif dengan menjaga jarak aman,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (29/5/2021).

Sony mengatakan, menjaga jarak aman adalah tindakan antisipasi bahaya yang paling relevan. Pengemudi memiliki keterbatasan kemampuan dalam bereaksi sehingga butuh ruang dan waktu yang aman.

“Menjaga jarak membantu pengemudi dalam melihat, mengidentifikasi, memutuskan, dan bereaksi apabila ada bahaya di sekitarnya,” kata Sony.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Italia 2021; Vinales Tercepat, Marquez dan Rossi Tercecer

Selain itu, mengemudi di malam hari juga harus lebih berhati-hati. Malam hari adalah kondisi biologis di mana tubuh seharusnya beristirahat.

Ketika mengemudi, maka fungsi masing-masing organ tubuh dan reaksinya akan lambat.

“Jadi harus perhatikan kemampuan mata melihat, otak dalam berpersepsi terhadap obyek, kemampuan tangan dan kaki dalam mengantisipasi. Intinya tentu harus jaga jarak aman,” ucapnya.

Tips Hindari Tabrakan Beruntun

Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.THE DALLAS MORNING NEWS/LAWRENCE JENKINS via AP Kecelakaan beruntun di Interstate 35 dekat Fort Worth, Texas, Amerika Serikat, pada Kamis (11/2/2021). Tabrakan ini melibatkan 75-100 kendaraan di jalan berselimut es. Sedikitnya 5 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Kejadian tabrakan beruntun makin sering mengemuka. Terakhir terjadi di jalan Tol Ancol Pelabuhan, Jumat (30/4/2021). Kecelakaan yang terjadi di lajur kanan tol tersebut setidaknya melibatkan lima kendaraan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia terlihat beberapa mobil itu mengalami ringsek akibat tabrakan beruntun tersebut.

Biasanya insiden ini terjadi karena tidak adanya jarak pengereman aman di antara mobil, Ketika ada mobil yang tiba-tiba melakukan pengereman, mobl di belakangnya tidak siap. Oleh sebab itu, sejumlah pengendara harus lebih waspada terutama saat berada di lajur kanan.

Tabrakan beruntun di Tol Jakarta Cikampekinstagram.com/dashcam_owners_indonesia Tabrakan beruntun di Tol Jakarta Cikampek

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com