Ini Cara Memanaskan Mesin Motor yang Dianjurkan

Kompas.com - 01/06/2021, 08:12 WIB
Memanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit. about.comMemanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memanaskan mesin sepeda motor jadi kebiasaan yang kerap dilakukan tiap akan melakukan perjalanan.

Dalam memanaskan mesin motor pun tiap orang memiliki durasi dan caranya masing-masing. Ada yang cukup menyalakan mesin dan menunggunya beberapa menit.

Ada pula yang memainkan gas atau bahkan membetotnya dengan asumsi agar mesin motor lebih cepat panas.

Lantas bagaimana cara memanaskan mesin motor yang dianjurkan?

Ketika dihubungi Kompas.com, Senin (31/5/2021), Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan bahwa memanaskan mesin motor cukup dibiarkan pada kondisi idle saja.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin Motor.Shutterstock Mesin Motor.

"Memanaskan motor tidak usah dimainkan gasnya. Cukup dibiarkan langsam atau posisi idle saja," ungkap Dwi.

Menurut Dwi, umumnya pada motor injeksi sudah ada sistem choke otomatis yang memudahkan untuk menyalakan mesin saat masih dingin sekaligus sebagai sistem untuk memanaskan motor.

"Kalau memainkan gas sedikit tidak masalah. Pemakaian bahan bakarnya saja yang bertambah. Tapi kalau memainkan gas sampai mentok ada risiko pada motor. Kemungkinan terjadi gesekan dan menyebabkan aus pada mesin lebih cepat. Karena pelumasan belum sempurna dan suhu kerja mesin belum ideal," kata Dwi menambahkan.

Ia pun menjelaskan, untuk memanaskan mesin motor cukup sekitar 2-5 menit. Saat dipanaskan ketika mesin masih dingin, RPM akan naik. Jika RPM sudah langsam kembali sekitar 1.500 RPM maka motor sudah siap dipakai.

Baca juga: Tarif PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY Mulai Juni 2021

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

 

Di lain kesempatan, Fendy selaku Kepala Mekanik salah satu bengkel sepeda motor di Solo juga memberikan penjelasan serupa.

"Kalau motor-motor sekarang yang sudah injeksi memanasi mesin tidak perlu lama, cukup sampai kondisi stationer normal, itu sudah cukup," kata Fendy.

Ini dikarenakan sepeda motor model-model terbaru telah dilengkapi teknologi Engine Control Module (ECM) sehingga proses memanaskan mesin motor bisa berjalan dengan cepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X