Polisi Layani Pelatihan Uji Praktik SIM Gratis di Daerah Ini

Kompas.com - 01/06/2021, 08:02 WIB
uji praktik SIM Polres Pamekasan Firmansyahuji praktik SIM Polres Pamekasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji praktik jadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Tes ini jadi bukti bahwa seseorang dapat dikatakan layak mengendarai kendaraan bermotor.

Namun bagi sebagian orang, uji praktik dianggap jadi salah satu bagian tes tersulit untuk mendapatkan SIM. Tidak jarang pemohon SIM gagal menyelesaikan uji praktik ini.

Oleh karena itu, Satlantas Polres Pamekasan Madura membuat program pelatihan uji praktik SIM yang diberi nama PETIS, singkatan dari Pelatihan Ujian Praktik SIM.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021), Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar menjelaskan bahwa program tersebut ditujukan bagi pemohon SIM yang berulang kali gagal melakukan uji praktik.

“Waktu latihan PETIS setiap Jumat pukul 13.00 WIB di lapangan uji praktik Satpas Polres Pamekasan, Jalan Raya Nyalaran Kabupaten Pamekasan,” ungkap Ginanjar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

uji praktik SIM Polres PekalonganPolres Pekalongan uji praktik SIM Polres Pekalongan

Tidak hanya untuk pemohon SIM C saja, program pelatihan ini juga dibuka untuk masyarakat yang ingin membuat SIM A. Ginanjar pun mengatakan bahwa program ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Baca juga: Tarif PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY Mulai Juni 2021

Tidak hanya di Polres Pamekasan, Polres Pekalongan pun membuka layanan pelatihan yang sama. Bedanya, pelatihan uji praktik ini hanya dibuka untuk pemohon SIM C.

Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Harman Rumenegge Sitorus dalam keterangan resminya, Jumat (28/5/2021), mengatakan bahwa pelatihan akan dilaksanakan pada Senin dan Kamis awal Juni 2021 mulai pukul 14.00 WIB.

"Pelatihan ini tidak dibebankan biaya, alias gratis,” ungkap Harman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X