Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Padat, 2-3 Juni Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 01/06/2021, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) akan melakukan antisipasi pengamanan dan pengaturan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Langkah tersebut dilakukan sehubungan pelaksanaan pekerjaan pembongkaran Girder Jembatan di Km 5+450 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, imbas tekena trase pekerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

General Manager Representative Office 1 JTTRD Widiyatmiko Nursejati mengatakan, pekerjaan pembongkaran Girder Jembatan Km 5+450 sepanjang 22 meter yang melintang di atas jalur utama Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan dilaksanakanbertahap pada Rabu (02/06/2021) pukul 22.00 WIB sampai Kamis (03/06/2021) pukul 04.00 WIB.

"Pada saat pelaksanaan pembongkaran akan dilakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur. Lajur utama Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan ditutup sementara selama 30 menit," ucap Widiyatmiko dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Penggolongan SIM C Berlaku Akhir Tahun Ini

girder jembatan di Jalan Tol Jakarta-CikampekJASA MARGA girder jembatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

 

"Namun kami tegaskan, tidak ada penutupan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di kedua arah. Kendaraan arah Jakarta tetap dapat melintas melalui pengalihan arus lalu lintas (contraflow) mulai dari Km 5+800 hingga Km 3+100," katanya.

Menurut Widiyatmiko, JTTRD selaku pengelolaakan terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya yang melintasi lokasi.

Guna mengantisipasi adanya potensi kepadatan yang mungkin terjadi, JTTRD bekerja sama dengan pihak kepolisian dan KCIC telah meyiapkan mitigasi risiko, yakni :

1.Pemasangan spanduk/rambu informasi lalu lintas aktivitas konstruksi selama berada di jalan tol;
2.Pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area pekerjaan dengan melakukan contraflow;
3.Pemasangan rambu-rambu lalu lintas sesuai aturan yang sudah ditetapkan;
4.Pengaturan lalu lintas oleh petugas safety dan flagman serta koordinasi dengan Kepolisian terkait pengaturan lalu lintas; dan
5.Memonitor dan mengontrol seluruh rambu lalu lintas di area konstruksi.

Baca juga: Suzuki Siapkan Armada Angkot Modern bagi Warga DKI

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Tak hanya itu, agar memastikan informasi diterima dengan, JTTRD juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Messsage Sign (VMS) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dan arah Jakarta.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan Pembongkaran Girder Jembatan. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," ujar Widiyatmiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com